PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT BANDAR PARKLAND, KLANG SELANGOR, MALAYSIA, MELAKUKAN TRANSAKSI DI BANK ISLAM

Ade Julia Sari, Riyan Pradesyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan kepercayaan terhadap minat masyarakat Bandar Parkland, Klang Selangor, Malaysia dalam melakukan transaksi di bank islam. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode kuesioner 120 responden teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Bandar Parkland, Klang Selangor dalam melakukan transaksi di bank islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi masyarakat, variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi masyarakat. Secara simultan literasi keuangan syariah dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi masyarakat dengan koefisien determinasi R-Square 74,4%.


Keywords


Minat Transaksi, Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan.

Full Text:

PDF

References


Aziza, M. S., Eprianti, N., & ... (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah di Lingkungan Unisba terhadap Keputusan Menggunakan Produk Keuangan Syariah. … Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 152–156. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/21955

Dahrani, D., Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model Pengelolaan Keuangan Berbasis Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan : Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner, 6(2), 1509–1518. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.778

Faizah, N., & Mahmudatus, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah , Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa dalam Menabung di Bank Syariah. Journal Unimma, 253–266.

Fauzi, R. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), 37–46.

Fironica, S. (2020). Pengaruh Kelas Sosial, Jaminan Rasa Aman, Dan Lokasi Terhadap Minat Transaksi Di Bank Bri Syari’ah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Padang Nangka Kota Bengkulu). 1–96. http://repository.radenintan.ac.id/5564/

Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Humaniora, 4(2), 23–35.

Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, 2(2), 131. https://doi.org/10.47453/ecobankers.v2i2.484

Harahap, S. B., Bustami, Y., & Syukrawati, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Saham Syariah. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.32939/fdh.v2i2.955

Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational Citizenship Behavior Dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(2), 145–165. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i2.4159

Nuradyta, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Islamic Mini Bank Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akutansi UNY, Vol. 1(No. 1), 1–15.

Pradesyah, R. (2022). Proceeding International Seminar on Islamic Studies Medan, November 7. 3, 92–105.

Purnama, N. I., Siswadi, Y., & Mujiatun, S. (2021). Model Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 151–163. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7305

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.706

Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah: Studi Pada Mahasiswa FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor Angkatan 2017-2018. El-Mal-Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 226–244. http://www.journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmal/article/view/752/675

Syafitri, A. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Persepsi Kepatuhan Syariah Masyarakat Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada …. Journal Islamic Business and …, 1(2), 57–69. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jibe/article/view/1693%0Ahttp://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jibe/article/download/1693/1070

Wahyuni, S. F., Radiman, R., Jufrizen, J., Hafiz, M. S., & Gunawan, A. (2022). Model Praktik Manajemen Keuangan Pribadi Berbasis Literasi Keuangan, Orientasi Masa Depan dan Kecerdasan Spiritual pada Generasi “Y” Di Kota Medan. Owner, 6(2), 1529–1539. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.780

Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 104–116.

Yusuf, M., & Asytuti, R. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Kinerja Pemasaran Bank Umum Syariah Guna Optimalisasi Kepercayaan Nasabah. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.28918/velocity.v2i1.4642




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.