Peranan Freight Forwarder Dalam Menunjang Aktivitas Ekspor Antar Negara Melalui Jalur Laut

Vingky Maisel, Luana Sasabone

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran serta tanggung jawab Freight Forwarding dan mengetahui bagaimana prosedur pengiriman barang ekspor sesuai dengan prosedur di lapangan dalam rangka mengurangi kegagalan serta keterlambatan proses ekspor ke negara tujuan ekspor oleh PT. Anugrah Karunia Logistik, Indonesia saat ini memasuki era pasar global dimana hambatan perdagangan semakin menurun dan tingkat persaingan meningkat. Proses ekspor masih menemui banyak kendala, dimana eksportir tidak mengerjakan sendiri seluruh tugas logistik yang menjadi tanggung jawabnya karena adanya keterbatasan waktu dan pengetahuan para eksportir mengenai hal logistik yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peranan freight forwarder dalam menunjang aktivitas ekspor antar negara melalui jalur laut pada PT. Anugrah Karunia Logistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara secara langsung kepada pihak forwarder dan eksportir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana ditemukan bahwa eksportir memiliki pertimbangan dalam menentukan forwarding, peran positif yang diberikan forwarding terhadap eksportir, dan permasalahan eksportir terhadap forwarding mampu membuat eksportir mempercayakan proses pengiriman produk ke luar negeri menggunakan freight forwarder.

Keywords


Freight Forwarder, Eksportir, Regulasi Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Faisal, N. I., Morasa, J., & Mawikere, L. M. (2017). Analisis Sistem Pengadaan Barang Dan Jasa (Penunjung Langsung) Pada Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 1122–1132.

Ikhsan, S. H. S. M. (2022). Peran Freight Forwarding dalam Proses Pengiriman Barang Ekspor melalui Transportasi Laut (Studi Kasus pada PT. Berdiri Matahari Logistik di Jakarta). Jurnal Manajemen STEI, 05(01), 10–20.

Mandasari, P. S., Juliani, R. D., & Pitria, S. (2021). Peranan Freight Forwarding PT. Cargo Plaza Indah Semarang Dalam Kegiatan Ekspor Impor Barang. Journal Majalah Inspiratif, 6(12).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suryaningsih, L. (2020). Peranan Asuransi Dalam Pengiriman Barang Impor Menggunakan Air Freight Forwading. Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 17(2).

Wati, A. W. (2018). Peranan Freight Forwarder Dalam Menunjang Aktivitas Ekspor Antar Negara Melalui Jalur Laut dan Udara : Studi Kaus : PT Andalan Pacific Samudra Surabaya Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i2.16930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.