Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai

Cut Rini Aulia Indriani, Cahyo Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh dari store atmosphere dan harga terhadap minat beli pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai. Populasi pada penelitian berjumlah 1500 pengunjung dengan sampel yang diambil sebanyak 94 pengunjung sebagai responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan pendekatan Asosiatif-Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. SPSS 24.0 digunakan sebagai alat pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan harga baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai. Store atmosphere menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli. 89,0% minat beli pengunjung dapat dijelaskan oleh store atmosphere dan harga, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hubungan antara store atmosphere dan harga terhadap minat beli pengunjung adalah sangat erat.


Keywords


Store Atmosphere, Harga, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2017). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu. Merek. (A. Ananda, Ed.). Jakarta: Penerbit Mitra

Anum, F., & Badau, M. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Emina Di Shopee. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 137-145.

Baguna, K. T. J., Lapian, S. J., & Lumanauw, B. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus A51 Coffee Shops Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 500-511.

Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Eduar, R. (2021). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko “Amel” Bungamas Kikim Timur. Ekonomika, 14(1), 21-30.

Fauzi, M., & Fauzan, M. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Depati VII Kopi Kota Sungai Penuh (Kerinci). El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2), 99-114.

Gracia, B. A., & Dipayanti, K. (2020). Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 62-78.

Hartanto, P., & Khuzaini, K. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(2).

Indranopa, R., & Hermanto, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Distro-Distro di Mataram). Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 195-216.

Karmela. L, & Junaidi, J. (2020). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Leindarita, B., & Andriansa, R. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Coco Coffee). Jurnal Mirai Management, 7(2), 356-363.

Levy, M., Weitz, B., & Grewal, D. (2019). Retailing Management 10th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Manullang, M. & Manuntun, P. (2016). Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Nawari, N. (2023). Analisis Pengaruh Kewajaran Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Ud Makmur Sukodadi Lamongan Dengan Suasana Toko Bangunan Sebagai Variabel Moderating. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 45-54.

Rejeki, S., & Hadi, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasusu di Kedai Giyong Kekalik Mataram). JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB), 1(1), 65-84.

Rianto, H., & Aseandi, R. (2020). Comparative Study of Lazismu And Act Promotion Methods In Medan City. Accounting and Business Journal, 2(2), 22-30.

Sandala, F. D., Tumbel, A. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Café di Sario Kecamatan Sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).

Setyawati, D., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare Scarlett Whitening Pada Official Store Scarlett Whitening di Shopee. RELASI: JURNAL EKONOMI, 19(1), 107-119.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89-96.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 75-84.

Tobroni, M. B. (2022). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 131-141.

Trihudiyatmanto, M. (2022). Analisis Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(4), 17-31.

Wardinata, G., & Alam, I. A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di Masa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), 677-688.

Woniman, W., Lesmana, I., & Busro, M. A. (2023). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Tradisional Pucung Raya Jatimulya Kota Depok Jawa Barat. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik, 1(1), 31-36.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i2.17253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.