Keputusan Pembelian: Peranan Motivaasi persepsi pemebelajaran Pembelian Skincare

Fadli Adnin Nasution

Abstract


Keputusan pembelian merupakan kegiatan membeli barang atau jasa melalui proses pemikiran yang kompleks yang terjadi di dalam diri seseorang. Melalui proses pemikiran kompleks tersebut konsumen akan menilai dan memilih pilihan terbaik. Hasil dari proses tersebut, ialah suat pilihan yang disajikansecarakognitifsebagaikeinginanberperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Pembelajaran terhadap Keputusan Pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan metodepenelitian kuantitatif dan pendekatan asosiatif dengan sample 88 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Panca Budi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diuji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji-t, uji F,dan koefisien determinasi Nilai persamaan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadapKeputusan Pembelian, Persepsi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhap Keputusan Pembelian dan Pembelajaran berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Keputusan Pembelian. Serta secara simultan Motivasi, Persepsi dan Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan PembelianskincareAloevera Gel Nature Republic (StudiPada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Panca Budi).


Keywords


Motivasi, Persepsi,Pembelajaran, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Adhi, I. A., Endang, M. G. W., & Shanti, P. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1), 35–43.

Afandy, T., Kumadji, S., & Yaningwati, F. (2014). Pengatuh Faktor Psikologis Tergadap Keputusan Pembelian(Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang Memutuskan Membeli Handphone Merek Nokia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1).

Agustina, L., & Parjono. (2017). Pengaruh Suasana Toko dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya di Kec.Randublatung Kab.Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 39–43.

Agustini, N. K. D. A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127–136.

Amperaningrum, I., & Putri, A. (2013). Faktor-Faktor PPsikologis yang Memengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kota Bekasi. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5, 287–293.

Andespa, R. (2017). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 178–191.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman, 5(2), 14–23.

Ayu, N. D. D., & Widiastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap Perilaku Pembelian. Jurnal STIE Widya Manggala, 13(2), 165–174.

Budiyanto, A. (2013). Keputusan Pembelian BlackBerry Remaja Ditinjau dari Kelompok Acuan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(02), 361–375.

Daulay, R., Pasaribu, H. K., Putri, L. P., & Astuti, R. (n.d.). Manajemen. In Wahyosumidjo (1st ed.). Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1–6.

Desvianto, S. (2013). Studi Fenomenologi : Proses Pembentukan Persepsi Mantan Pasien Depresi di Rumah Pemulihan Soteria. Jurnal E-Komunikasi, 1(3),

Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 01(03), 143–160.

Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti. (2018). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1), 1–7.

Fredereca, B. G., & Chairy. (2010). Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone BlackBerry. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 3(2), 128–143.

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28–41.

Hadi, R. (2009). Bedah Kasus: Salah Satu Teknik Pembelajaran Student Centered Learning untuk Mengasah Kompetensi Manajemen. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 375–382.

Hakimi, H. (2015). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kentucky Fried Chicken Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1–11.

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 37–43.

Huriartanto, A., Hamid, D., & Shanti, P. (2015). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Survei Pada Konsumen Terminal Tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 158–165.

Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 6(2), 988–997.

Jamaluddin. (2020). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli ulang Produk Kuota IM3 Ooredoodi Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 69–80.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi. UMSU Press.

Khalida, J., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian(Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang yang Pernah Membeli dan Menggunakan Smartphone Samsung). Journal Administrasi Bisnis (JAB), 35(1), 59–67.

Kurniasih, R., & Fauzi, A. (2017). Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan “2014/2015−2015/2016” Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pembeli dan Pengguna Sepatu Nike). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(1), 128–136.

Landugara, A., Yusuf, S., & Siang, R. D. (2016). Hubungan Antara Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, dan Tempat Terhadap Keputusan Membeli Ikan Laut di Rumah Makan Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 1(3), 164–168.

Maki, V. A. A., Massie, J. D. ., & Soepeno, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departemen Store Mega Trade CenterManado. Jurnal EMBA, 5(2), 1381 –1391.

Mantauv, C. S. (2013). Pengaruh Faktor Psikologi dan Nilai Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: Bank Nagari Cabang Utama Padang). E-Jurnal Apresiasi Ekonom, 1(1), 41–52.

Mantik, A. F., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Motivasi dan Persepsi Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembeliandi Kfc Megamall Manado. Jurnal EMBA, 3(1), 378–387.

Maratama, I., Rismayani, & Sutarman. (2016). Analisis Persepsi,Sikap dan Motivasi Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Produk Kartu Kredit Affinity XXXX-USU pada Daerah Pemasaran Wilayah Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 108–138.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/5/052052

Nurlaeli, I. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promodi dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS di Banyumas. Journal Islamidina, 18(2), 75–106.

Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–24.

Raiza, A., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti yang Mengguna kan Jasa Go-jek). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 9–13.

Tjahjono, A., MS, H. S., & Brahmana, R. K. M. R. (2013). Analisa Marketing Mix,Lingkungan Sosial,Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9.

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Periklanan Terhadap Keputusan Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 73– 82.

Tompunu, M. M. M. (2014). Analisis Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Kfc Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 610–621.

Wijaya, D. N., Sunarti, & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Starbucks, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55(2), 75–83.

Yusa, V. De. (2015). Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Dan Manjamen, 9(2), 97–111.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i2.17785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.