Pengaruh Pengembangan SDM Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimediasi Oleh Semangat Kerja

rudiansyah rudiansyah, Hazmanan Khair, Muiz Fauzi Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh dari store atmosphere dan harga terhadap minat beli pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai. Populasi pada penelitian berjumlah 1500 pengunjung dengan sampel yang diambil sebanyak 94 pengunjung sebagai responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan pendekatan Asosiatif-Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. SPSS 24.0 digunakan sebagai alat pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan harga baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai. Store atmosphere menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli. 89,0% minat beli pengunjung dapat dijelaskan oleh store atmosphere dan harga, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hubungan antara store atmosphere dan harga terhadap minat beli pengunjung adalah sangat erat.


Keywords


Kinerja, Pengembangan SDM, Kompetensi, dan Semangat Kerja

Full Text:

PDF

References


Adoir, John. 2018. Kepemimpinan yang Efektif. Semarang: Dahara Prize.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep, Dan Indikator). Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Agustini, Fauzia. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan : Madenatera.

Andrew E. Sikula. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.

Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Cantika, Yuli Sri Budi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UMM Press.

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan perubahan dalam meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2020. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Unipersitas Diponegoro.

Gondokusumo. 2020. Manajemen Personalia. Jakarta: Bina Aksara.

Handoko, T. H. 2020. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mathis, Robert L. dan Jhon H. Jackson. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan: Jimmy Salibi dan Bayu Prawira. Jakarta: Salemba Empat.

Moekijat, L. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pionir.

Nitisemito, Alek. S. 2018. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nurdiansyah, Haris dan Robbi Saepul Rahman. 2019. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Priansa, Donni Juni. 2018. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Siagian, Sondang P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sule, Ernie Tisnawati dan Kurniawan Saefullah. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Suprianto, J. 2020. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Sutrisno, E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2018. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wursanto, I., 2020. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Dadang. Andi Masse. 2018. Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Etos Kerja dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Ilmu Administrasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 13, No. 1.

Darmawan, Rahmat. 2015. Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di PT. Elnusa Tbk. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS) Vol.1, No.4.

Hanggraeni, Diah. 2020. Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bontang). Management Development and Applied Research Journal. Volume 3 Nomor 1 Edisi Desember 2020.

Hatiyah. 2022. Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai di Sekretariat DPRD Provinsi Sul-Sel. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, Volume 3 Nomor 2 April 2022.

Monalis, Esti. 2020. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Productivity, Vol. 1 No. 3.

Nugraha, Dion Alan. 2022. Pengaruh Pengembangan Karir, Kompetensi, Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 6, No. 1.

Nugraha, Hilmi. 2020. Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Suatu Penelitian Pada PT. Chitose Internasional Tbk. Cimahi. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Permana, Buyung Satria. 2019. Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT PAG. Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 3.

Pramudyo, Anung. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Vol.1 No.1

Rachmawati, Watie. 2016. Pengaruh Pengembangan SDM dan Promosi Jabatan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gasandry. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 3.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v7i1.19359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.