Implementasi Financial Technology (Fintech) Dalam Mengembangkan Bisnis UMKM Donat Kentang Di Kota Medan

Hanifa Yasin

Abstract


Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan pilar suatu prekonomian nasional yang dapat meningkatkan pendapatan setempat dan mengurangi jumlah pengangguran. Sehingga perkembanganya juga meningkat pesat ditambah dengan bantuan teknologi yang saat ini kian berkembang. Penerapan Fintech (Finansial Technology) tentunya akan sejalan dengan kebutuhan bisnis UMKM Donat Kentang Medan dalam layanan keuangan berbasis online dan pengguna media berbasis internet untuk transaksi maupun akses digital. Literasi keuangan dibutuhkan agar dapat diterapkannya Fintech pada UMKM agar pelaku UMKM dapat dengan cermat menggunakan teknologi dalam menjalankan bisinisnya. Metode yang digunakan pada riset ini adalah analisis kualitatif dan studi literatur dalam implementasi Fintech dalam mengembangkan UMKM Donat Kentang Medan. Hasil berdasarkan studi literatur penelitian terdahulu dan data-data yang digunakan menunjukkan bahwa implementasi Fintech dapat meningkatkan bisnis UMKM yang terbatas akses dan layananan digital agar UMKM ini dapat mengelola sumber keuangan dengan baik.


Keywords


Financial Technology (Fintech), Literasi Keuangan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amanita, Y. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, 6(1).

Amelia, N. M., Yulianto, P. E., & Iswara, M. (2017). Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF-4.

Amrin, E., Goso, R., & Asriany. (2022). Studi Kompilasi Layanan Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Kota Palopo. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Managemen, 9(2).

Gonibala, N., Vecky, A. J. M., & Mauna, B. M. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(1).

Landang, D. R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Prilaku Keuangan dan Pendapatan terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unoversitas Mahasarawati Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2).

Laywilla, E., Singh, J. S. K., & Fah, B. C. Y. (2020). Drivers of Intention to Adopt Mobile Wallet: A Quantitative Study Among Females in Jakarta. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(11).

Martelli, I. (2021). Menilik Financial Technology dalam Bidang Perbankan. Jurnal Sosial Humaniora Komunikasi, 2(1), 32–43.

Mulyati, S., & Ravika, H. P. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap terhadap Uang pada Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2).

Nafiah, R., & Ahmad, F. (2019). Analisis Transaksi Financial Technology (Fintech) Syariah dalam Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2).

Pratiwi, U. M. (2022). Penerapan Financial Technology dan Peningkatan Literasi Keuangan untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. Jurnal Bisnis Dan Management Universitas Tanjung Pura.

Prestama, F. b, Muhammad, I., & Selamet, R. (2019). Potensi Finansial Teknologi Syariah dalam Menjangkau Pembiayaan Non-Bank. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 4(2).

Romadhon, F., & Fitri, A. (2020). Analisis Peluang dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya optimalisasi Potensi UMKM (Studi Kasus UMKM di Gresik). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(1).

Sarfiah, S. D., Hanung, E. A., & Dian, M. V. (2019). UMKM sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(1).

Stefanny, V., & Beby, T. (2021). Overview Perbandingan Jumlah User Fintech (Peer-to-peer Lending) dengan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia. Jurnal Universitas Insan Pembangunan.

Wahyuni, R. A. E. (2019). Praktik Finansial Teknologi Ilegal dalam Bentuk Pinjaman Online ditinjau dari Etika Bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3).

Wardani, A. P. Y. K., & Nyoman, A. S. D. (2020). Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2).

Winarto, W. W. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(1), 61–73.

Y, D. G., O, R. T., & Dennij, M. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Sikap Keuangan dan Sumber Pendapatan terhadap Prilaku Pengelolaan Kuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat dengan Niat sebagai Variabel Intervening. Jurnal EMBA, 9(1), 543–555.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v7i1.19630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.