Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Ainanur Ainanur, Satria Tirtayasa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksploratif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV yang berjumlah 67 orang. Penarikan sampel dengan metode sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Dalam penelitian ini jumlah populasi relatif sedang yaitu sebanyak 67 orang. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel budaya organisasi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV (2) secara parsial variabel kompetensi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV; (3) secara parsial variabel motivasi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV; (4) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawaan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV.

Keywords


Budaya Organisasi; Kompetensi; Motivasi; Kinerja

References


Atmosoeprapto, (2011). Produktivitas aktualisasi budaya perusahaan. Jakarta : Gramedia.

Darsono dan Siswandoko, Tjajuk, (2011). Sumber daya manusia abad 21. Jakarta : Nusantara Conculting.

Darsono, (2009). Budaya organisasi kajian tentang organisasi, budaya, ekonomi, sosial, politik, nusantara. Jakarta : Conculting.

Fahmi, Irham. (2011). Manajemen kepemimpinan teori & aplikasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Gultom, D.K. (2014). Pengaruh budaya organisasi perusahaan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2), 176-184

Hutapea, P. dan Nurianna. T, (2008). Kompetensi plus. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Khair. H, Bismala. L, Arianty. N dan Pratami. M. (2016). Manajemen strategi. Medan : UMSU Press.

Mangkunegara, (2013). Manajemen sumber daya perusahaan. Cetakan Kesembilan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moeheriono, (2012). Pengukuran kinerja berbasis kompetensi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moeljono Djokosantoso, (2008). Budaya korporat dan keunggulan korporasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Pallan, R. (2007). Competency management-teknik mengimplemetasikan manajemen SDM kompetensi untuk meningkatkan daya saing organisasi. Diterjemahkan oleh Okta Meia jalal. Jakarta : PPM.

Pasaribu, Sjahril Effendy, (2015). Budaya organisasi, budaya perusahaan, budaya kerja. Medan : USU Press.

Payne, H.J, (2005). Reconceptualizing social skills in organization: exploring the relationship between communication competence. job performance and supervisory roles. Journal of Leadership & Organizational Studies, 11(2) 63-77.

Reksohadiprodjo, Sukanto, Handoko, Hani. (2012). Organisasi perusahaan. Yogyakarta : BPFE.

Rivai, Veithzal, (2009). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P, (2011). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi, aplikasi. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan, Jakarta: Prenhallindo.

Subagio, U., Miyasto., Idris (2014). Analisis pengaruh budaya organisasi, kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kerja pegawai yang dimediasi oleh motivasi kerja (Studi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 138-148

Sulistiyani, A.T, Rosidah, (2009). Manajemen sumber daya manusia konsep, teori dan pengembangan dalam konteks organisasi publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Susanto, AB., (2007). Budaya perusahaan seri manajemen dan persaingan bisnis. Cetakan Pertama. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sutrisno, Edy, (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Triguno, (2000). Budaya kerja. Jakarta : Penerbit Golden Trayon Press.

Uha. I.N, (2013). Budaya organisasi, kepemimpinan & kinerja. Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup.

Wibowo, (2007). Manajemen kinerja. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wirawan, (2009). Evaluasi kinerja sumber daya manusia teori, aplikasi dan penelitian. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.