Analisis Minat Beli Ulang Berbasi Kualitas Pelayanan Dan Promosi Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

Muhammad Arif, Shelvi Novrianti Ramadhani

Abstract


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat konsumen Mie Gacoan di Kota Medan yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan quota sampling yang berjumlah 100 responden pelanggan Mie Gacoan di Kota Medan yang terdiri dari dua outlet yaitu Mie Gacoan Karya dan Mie Gacoan Pancing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Minat Beli Ulang berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dan secara tidak langsung Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening. Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening pada Mie Gacoan di Kota Medan

Keywords


Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat Beli Ulang dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


`Aini, N., Ediyanto, E., Arief, M. Y., & Syahputra, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zafi Studio Di Mangaran Situbondo. Growth, 20(1), 52.

Ayaumi, R. S., & Komariah, N. S. (2021). Pengaruh Customer Experience Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Layanan Pesan Antar Gofood Saat Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 181.

Buheli, R. & M. (2023). Pengaruh Trust Dan Kualitas Website Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Shopee Mitha. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 5(1), 2–3.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dessy Septia Azzarah, Netti Nurlenawati, & Dexi Triadinda. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Galuh Mas Karawang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(9), 5653–5669.

Ghozali & Laten. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3.

Hair Jr, J. F., sarstedy, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). (2017). Advanced Issues in Partial Least Squares Structural Equation Modeling.

Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15.

Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek SA ’ I Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 581–591.

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall Pvj Bandung The Influence Of Brand Image To Customer Satisfaction A Case Study Of Zara At Pvj Mall Bandung Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Journal Of Management, 3(2), 1949–1955.

Imawan, Z. N., & Sucento, B. (2013). Analisa Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Jasa Pada Pemegang Kartu Kredit Everyday Bank Mandiri Di Jakarta. Journal of Business Strategy and Execution, 1(2), 387–400.

Kurniawan, N. F., & Pranoto, H. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang Chatime di Pakuwon Mall Surabaya. Performa, 7(5), 564–574.

Lestari, M. P., Maya, S., & Artino, A. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Melalui Kualitas Produk. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 10(1), 19.

Nuriyah, Ainun, & Wahyudi. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Trubus Sport Center di Tana Paser. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 31–47.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Soeswoyo, D. M., & Tumbelaka, D. (2020). Dampak Promosi Digital Line Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dunkin Donuts. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1).

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Sustiyatik, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 175.

Zaharatunnisa, R., & Surjani, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Jasa Pengiriman Barang: Studi Pada Pengguna Jasa Pengiriman Anteraja. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 88–99.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v8i1.26260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.