Peran Brand Experience Dan Brand Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Pada PT. Grab Indonesia Wilayah Kota Binjai

Fadli Adnin Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand experience dan brand satisfaction terhadap brand loyalty pada pengguna PT. Grab Indonesia di Kota Binjai. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah pengguna aplikasi Grab di Kota Binjai, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, serta secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien determinasi sebesar 58,3%. Penelitian ini memberikan implikasi bagi PT. Grab Indonesia untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui penguatan pengalaman merek dan kepuasan pelanggan


Keywords


Brand Experience, Brand Satisfaction, Brand Loyalty, PT. Grab Indonesia

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Brakus, J. J., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009). Brand experience: what isit? How is it measured? Does it affect loyalty?. Journal of marketing, 73(3), 52-68.

Fauziyah, R. N. (2022). Customer Satisfaction: Pengertian, Faktor, Manfaat & Cara Meningkatkan. Diambil dari https://www.gramedia.com/best-seller/customersatisfaction/?srsltid=AfmBOorN9hcMu2qRkb00PGD3qty8PR3jxBdR5yasvbmpiyY3x_A2wXJ#Manfaat_Customer_Satisfaction_bag i_Pelaku_Bisnis

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 26 (Edisi 10). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kasiha, W. N. T., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh Brand experience, Affective Commitment , dan Brand Trust terhadap Brand Loyality pada Konsumen Cafe Ngopi Jo Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(3), 644–655. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49963

Gultom, D. K., & Hasibuan, L. P. (2021). Pengaruh Brand experience Terhadap Brand loyalty Melalui Brand satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1(1), 214–225.

Pangestika, T. K., & Khasanah, I. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand experience, Brand Trust dan Brand satisfaction terhadap Brand loyalty Financial Technology: E-Wallet (Studi pada Pengguna DANA di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v8i2.26902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.