EVALUASI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN UNTUK TARIF ANGKUTAN ANTAR KOTA STABAT-BINJAI

Andri Andri, Zurkiyah Zurkiyah, Fajar A P.

Abstract


Penelitian dilakukan pada CV. Makmur & CV. Pembangunan Semesta yang melayani rute Stabat-Binjai. Data primer diperoleh berdasarkan survei lapangan termasuk survei di atas kendaraan (survei kendaraan fisik, jumlah transportasi, dan jumlah penumpang) dan survei investigasi (wawancara dengan pihak terkait). Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi pemerintah terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan tarif berdasarkan hasil perhitungan BOK dan membandingkannya dengan tarif yang berlaku di lapangan. Untuk CV. Makmur tarif rata-rata yang ditetapkan oleh pemerintah adalah Rp. 583,33/Km-org, tarif rata-rata teoritis dari perhitungan BOK adalah Rp. 2073,98/Km-org, sedangkan tarif rata-rata yang diterapkan di lapangan adalah Rp. 1066,67/Km-org. Untuk CV. Pembangunan Semesta, diperoleh dengan tarif rata-rata yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp. 500,00/Km-org, tarif rata-rata teoritis dari perhitungan BOK adalah Rp. 2873,97/Km-org, sedangkan tarif rata-rata yang diberlakukan di lapangan Rp. 1066,67/Km-org. Harapan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan tarif yang ditetapkan dan bermanfaat bagi pengguna dan pemilik transportasi.

Keywords


Analisis tarif, angkutan umum, BOK

Full Text:

pdf

References


Daud, J. (2015). Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan (BOK) (Studi kasus Dari Kota Langsa Ke Kota Banda Aceh).

Departemen Perhubungan, (2002). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur, Jakarta.

Siswoyo, M. P. (2008). Kebijakan dan Tantangan Pelayanan Angkutan Umum. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 10(2), 171-180.

Suwardi, S. (2009). Analisis Kinerja dan Tarif Angkutan Umum Bus Jurusan

SurakartaYogyakarta: Studi Kasus pada Bus Langsung Jaya, Jaya Putra dan Sri Mulyo. Semesta Teknika, 12(1), 1-9.

Tamin, O.Z (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Sub Jurusan Transportasi

Jurusan Teknik Sipil ITB, Bandung.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan

Angkutan Jalan.

Warpani, Suwardjoko (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Widari,Sri (2010), Tugas Akhir. Analisis Tarif Angkutan Pedesaan Berdasarkan Biaya

Operasional Kendaraan. (Studi Kasus Kabupaten Gayo Lues Nanggroe Aceh Darussalam).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.