Pola Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen dalam Mengatasi Masalah Belajar di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan

Ade Irma

Abstract


Kajian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencatat apa yang dilihat dan didengar secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan menggunakan informan delapan orang terdiri dari dosen dan mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Jalan H.M. Joni Medan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pola komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa sebenarnya sudah dapat dikatakan efektif, walaupun belum dapat dikatakan seluruhnya berjalan secara baik seperti yang diharapkan. Namun komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa masih terkendala adanya hambatan yang dihadapi masing-masing pihak sehingga komunikasi yang dijalankan terkadang belum tercapai dengan baik. Begitu pun masalah belajar yang dihadapi oleh mahasiswa pada umumnya sudah berkurang sehingga tujuan pendidikan untuk meraih prestasi mahasiswa dapat tercapai.


Keywords


: Pola Komunikasi, Belajar, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Budyatna, Muhammad dan Ganiem, Leila Mona.( 2011). Teori Komunikasi Antarpribadi, Jakarta: Kencana.

Daymon, Christine dan Holloway, Immy. (2008). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications, Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, (2007), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet III, Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali. (2007), Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Effendi, Onong Uchjana. (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Griffin, Emory A, (2003), A First Look at Communication Theory, 5th edition, Ney York: McGraw-Hill.

Hafid, Cangara. (2004), Pengantar llmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Hasan, Iqbal. (2002), Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Pustaka Pelajar, Yokyakarta.

Moleong, Lexy J, (2005), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2008), Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus, Yogyakarta: Nuha Litera.

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prayitno. (2004), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta

Riduan. (2004), Metode dan Teknik menyusun Tesis, Bandung: Alfabet.

Sarwono. S.W, (2011), Psikologi Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alpha Betha.

Suranto, Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Strauss, Anselm & Corbin, Juliet, (2009), Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tata langkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsito. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yunus, M. Pawit, (2010). Komunikasi Instruksional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i1.3931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id