Strategi Pesan Persuasif Terkait Program One Ride One Seed Pada Postingan Instagram @Bluebirdgroup

Rifa Qurrotu Ainie, Rut Rismanta Silalahi, Uljanatunnisa .

Abstract


Abstrak

Jakarta memiliki kualitas udara buruk hampir sepanjang tahun yang di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Berdasarkan keprihatinan atas masalah tersebut, Bluebird Group bertekad #BirukanLangitJakarta dengan mengadakan program One Ride One Seed dalam upaya meminimalkan pencemaran udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesan persuasif apa saja yang digunakan Bluebird dalam mensosialisasikan program One Ride One Seed pada postingan instagramnya @Bluebirdgroup. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persuasif menurut Robert B. Cialdini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian analisis isi deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah postingan instagram @Bluebirdgroup pada program One Ride One Seed sebanyak 13 postingan dengan teknik pengolahan data diproses menggunakan lembar coding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keenam startegi persuasif, Bluebird tidak menggunakan strategi authority pada postingan program One Ride One Seed di instagram-nya dan lebih banyak menggunakan strategi reciprocation.

Kata kunci : Analisis Isi Deskriptif, Strategi Pesan Persuasif, Instagram



Full Text:

PDF

References


Cialdini, R. B. (2007). Influence: The psychology of persuasion (revised ed.). New York: Harper Collins

Eriyanto. 2013. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lonid, A., Militaru, G., & Mihai, P. (2015) Social Media Strategies For Organizations Using Influencers Power. European Scientific Journal, 1857- 7431, 139143.

Sumber Lain :

Bluebird Group. (April 2019). Dukung Kelestarian Lingkungan, Bluebird Luncurkan Armada Terbaru Mobil Bertenaga Listrik. (Diakses 20 september 2019) http://www.bluebirdgroup.com/id/berita/dukung-kelestarian-lingkungan-bluebird-luncurkan-armada-terbaru-mobil-bertenaga-listrik/

Greenpeace.(Maret 2019). Jakarta Peringkat Satu di Asia Tenggara untuk Kualitas Udara Terburuk

( Diakses 12 September 2019 ) https://www.greenpeace.org/indonesia/siaran-pers/2210/jakarta-peringkat-satu-di-asia-tenggara-untuk-kualitas-udara-terburuk/

Hakim, N. R. ( Juli 2019) Menurut Jusuf Kalla, Mobil Listrik Solusi Polusi Udara Jakarta. (Diakses 19 September 2019)https://nasional.kompas.com/read/2019/07/31/15443111/menurut-jusuf-kalla-mobil-listrik-solusi-polusi-udara-jakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id