Metode Komunikasi Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama di Kisaran

Sri Muchlis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode komunikasi yang digunakan oleh penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan dalam meningkatkan kerukunan umat beragama di Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang setelah mendapatkan titik jenuh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Islam Kabupaten Asahan melakukan metode komunikasi bil lisan. Metode tersebut diaplikasikan dengan membangun komunikasi dua arah dan memfasilitasi serta memberi pembinaan agama secara rutin. Dengan metode komunikasi yang dilakukan oleh penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kisaran dapat meningkatkan kerukunan umat beragama. Hal itu terbukti dari masyarakatnya yang religius dan saling menghormati. Keberhasilan dari metode komunikasi terletak pada pesan yang disampaikan. Dimana pesan disampaikan menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Penyampaiakan pesan tidak dengan cara pemaksaan dan dilakukan rutin, serta pesan tidak menyinggung.


Full Text:

PDF Indonesia

References


Amin M. 2008. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah.

Arifin, B. 2018. Strategi Komunikasi Dakwah Dai Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(2): 159-178.

Fitria R, Aditia R. 2020. Urgensi Komunikasi Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dawu. 1(1): 1-8.

Jirhanuddin. 2010. Perbandingan Agama. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemenkumham. 2011. Pengkajian Hukum tentang Perlindungan Hukum Bagi Upaya Menjamin Kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Lubis, R. 2005. 2005. Cetak Biru Peran Agama. Jakarta: Puslitbang.

Rakhmat J. 2009 Efektivitas Komunikasi dalam Dakwah Persuasif. Jurnal Dakwah. X(2): 179-193.

Rusydi I, Zolehah S. 2018 Makna Kerukunan Antar Umat Beragama dalam Konteks Keislaman dan KeIndonesiaan. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies. 1(1): 170-181.

Suheri. 2020. Perspsi Pria Muslim Terhadap Pengguna Pakaian Gamis. Persepsi:Communication Journal. 3(1): 83-93.

www.merdeka.com. Hina Nabi Muhammad Lewat Facebook, Polisi di Sumut Ditahan, diakses melalui: https://news.detik.com/berita/d-4181743/hina-nabi-muhammad-lewat-facebook-polisi-di-sumut-ditahan




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i2.5106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id