Pelatihan Literasi Media Digital Bagi Orang Tua Di TK Nurul Huda Bangun Purba, Deli Serdang

Mazdalifah ., Fatmawardy lubis, Munzaimah Masril

Abstract


Media digital khususnya smartphone begitu massif melanda masyarakat, termasuk di kalangan orang tua murid di TK RA Nurul Huda. Pola penggunaan yang belum bijaksana dan banyaknya muatan tidak mendidik membuat setiap orang perlu membekali diri dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan media digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan agar orang tua murid TK Nurul Huda mempunyai pengetahuan yang baik tentang media digital khususnya smartphone, seperti: muatan apa saja yang ada di dalam smartphone dan pengaruh smartphone kepada khalayak khususnya kepada anak-anak, ketrampilan berkaitan dengan kemampuan dalam mengemas pesan dalam media smartphone, Kegiatan pengabdian berlangsung selama dua hari, dalam setiap harinya dihadiri oleh 20 orang peserta, jumlah peserta seluruhnya adalah 40 orang. Pelatihan ini dilakukan di masa pandemi COVID 19, mematuhi aturan yang telah ditetapkan dimana peserta menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun. Materi pelatihan disampaikan pleh tiga orang narasumber. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa orang tua murid TK Nurul Huda Desa Sukaluwe bertambah pengetahuan bahwa smartphone memberi pengaruh positif dan negatif kepada anak, mengetahui muatan smartphone khususnya tentang video game , dan mengetahui cara mengemas pesan yang baik di media sosial.


Full Text:

PDF Indonesia

References


Herlina, Dina. (2019). Literasi Media, Teori dan Fasilitasi. Bandung : Rosda Karya.

Mazdallifah. Sitepu, Yovita Sabarina. (2019). Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal di Sumatera Utara. Medan : Yayasan Al Hayat.

Rochimah, Tri Hastuti Nur. Junaedi, Fajar. (2013). Media Parenting: Panduan Memilih Media Bagi Anak di Era Informasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Penelitian

Mazdalifah. Lubis, Fatma Wardy. Sitepu, Yovita Sabarina. (2017). Model Literasi Media Berbasis Komunitas. TALENTA USU.

Fitra, Andrial S. (2020). Literasi Media Orang Tua Kepada Anak




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i2.5243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id