Strategi Komunikasi KPID Jawa Timur dalam Pencegahan Penyebaran Wabah Corona

Amalia Rosyadi Putri, Ellyda Retpitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang terjadi pada awal Maret, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan adanya wabah pandemi Corona, wabah ini berasal dari Negara China akhirnya menjangkit masyarakat Indonesia. Media penyiaran baik televisi maupun radio berlomba-lomba menyiarkan adanya wabah Corona. KPID Jawa Timur sebagai lembaga independen negara ikut serta menanggulangi kepanikan dan upaya pencegahan Wabah Corona. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mendeskripsikan dan mengetahui strategi komunikasi KPID Jawa Timur dalam pencegahan penyebaran wabah Corona. Melalui penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan analisis The Pervasive presence theory , diketahui bahwa Strategi Komunikasi KPID Jawa Timur dalam menanggulangi penyebaran wabah Corona terdiri dari tiga strategi yaitu dengan talkshow langsung di televisi dan radio, penyebaran surat edaran kepada lembaga penyiaran radio dan televisi di seluruh Jawa Timur melalui email dan WhatsApp, dan publikasi informasi melalui media social yaitu instagram KPID Jawa Timur. Ketiga strategi komunikasi ini menjadi bagian tugas KPID Jawa Timur dalam melakukan pengawasan lembaga penyiaran dan literasi media kepada masyarakat.


Full Text:

PDF Indonesia

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, A. (2007). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. CV Armico.

Atkinson, R. L. (2010). Pengantar Psikologi. Interaksara.

Cresswall, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi Ketiga. Pustaka Belajar.

DIrektorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. (t.t.). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Juniawati. (t.t.). Program Talk Show dan Ruang Public Sphere: Upaya Media sebagai Industri Pro Publik.

Kemeterian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Kuswarno, E. (t.t.). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian Fenomena Pengemis Kota Bandung. Widya Padjadjaran.

Masduki. (2007). Regulasi Penyiaran: Dari Otoriter ke Liberal. LKIS Yogyakarta,.

Mayasari, S., & Indrawari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9(2).

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Rosda Karya.

Nurudin. (2007). Komunikasi Massa. Cespur.

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations. PT Gelora Aksara Pertama.

Panuju, R. (2018). Strategi Berjaringan Radio Komunitas Islam Madu FM Tulungagung. Jurnal Sosiologi Reflektif., 12(2).

Rahartri. (2019). WhatApp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek. Visi Pustaka, 21(2).

Rudi., T. M. (2005). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. PT. Rafika Aditama.

Rusnawati, & Habibah, U. (2017). Talkshow Radio Sebagai Program Favorit Pendengar (Study Terhadap Program Friday Talkshow Pada Radio Siaran Rumoh PMI). Jurnal Al Bayan, 23(2).

Sarfio, E., & Djauharie, Arisanda Satya. (2017). Daya Tarik Acara Talkshow Ini Talk Show di Net TV (Studio Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTA 45 Jakarta. Jurnal Promedia, 3(1).

Siagian, H. F. (2015). PENGARUH DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK. 1, 10.

Suara Surabaya. (t.t.). Jumlah Positif Covid-19 jadi Delapan Kasus di Jawa Timur. suarasurabaya.net.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Menyampaikan Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat. . . Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika, 6(2).

UU Penyiaran No.32 Tahun 2002 Bab 1, Pasal 1, Ayat 7. (t.t.).

Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2018). Strategi Komunikasi dalam Interaksi dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gema Societa., 2(1).

Visnu, D. S. I., & Rejeki, M. N. S. (t.t.). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Kelompok Swadaya Wanita di Yayasan Sosial Bina Sejahtera Cilacap). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i2.5414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id