Manajemen Pemberitan di Kompas TV Medan dalam Meningkatkan Kualitas Program Siaran Lokal

Bahri Bahri

Abstract


Pesatnya perkembangan dunia pertelevisian di Indonesia membuat lembaga penyiaran tiap daerah berpacu untuk lebih unggul. Apalagi dengan perkembangan dunia sosial media (Sosmed) saat ini, tak jarang konten informasi yang ada di sosmed menjadi acuan materi program berita. Tiap stasiun televisi membutuhkan manajemen pemberitaan agar mendapatkan hasil tayangan berkualitas, baik materi pemberitaan maupun tampilan siaran lokalnya sehingga mampu merangkul khalayak. Persoalan ini masih menjadi catatan bagi Komisi Penyiaran Indonesia bahwa program pemberitaan belum mencapai standart 3,00. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti mendeskripsikan objek penelitian tentang manajemen pemberitaan di Kompas TV Medan dalam meningkatkan kualitas program siaran lokal. Sedangkan subjek penelitian terdiri dari empat orang yang berperan penting di Kompas TV Medan. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini juga menjabarkan bagaimana penerapan konsep Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC) pada manajemen pemberitaan di Kompas TV Medan terutama pada program berita Kompas Sumut dalam rangka mendapaatkan siaran lokal yang berkualitas. Pada tahap ini juga dilakukan evaluasi sebagai sebuah bentuk manajemen program untuk meningkatkan kualitas pemberitaanya.


Full Text:

PDF Indonesia

References


A.F Stoners, James dan Edward Freeman (eds) 1996, Manajemen Jilid I,terj.

Alexander Sindoro, Jakarta: PT. Prahallindo, 1996.

Askurifai, Baskin. 2009, Jurnalistik Televisi : Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Barus, Sedia willing. 2010, Jurnalistik, Petunjuk Teknik Menulis Berita.

Jakarta: Erlangga.

Djuroto Totok. 2004, Manajemen pemberitaan Pers, (Bandung: PT Rosdakarya,2004),h.23

Darmanto, 2004. Hand out Trainning Juru Kamera & Editor Film. Jogyakarta: Studio Audio Visual Puskat.

Emzir, 2012, Analisis Data: Meteologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Rajawali Pers

Fandy Tjiptono, 2006, Manajemen Pelayanan Jasa, Jakarta, Penerbit Andi Hidajanto

Djamal, 2011, Dasar-dasar Penyiaran. Jakarta, Prenada Media Group Yogyakarta.

Ilham Zoebazary, Kamus Istilah Televisi dan Film (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama, 2010), hlm 225.

Gunawan, Imam, 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek.

Jakarta: Bumi Aksara.

Iryanto,2010, Teori Komunikasi Massa, cet. Ke-1 (Jakarta: Kencana Prenada,

, hlm 1.

J.B. Wahyudi, 1994, Dasar-dasar Manajemen Penyiaran, (Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, 1994), hlm 32.

Kriyantono, Rachmat, 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi.

Kakilangit kencana. Jakarta.

Morrisan, 2008. Manajemen Media Penyiaran, Jakarta : kencana.

Morrisan, 2011.Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelolah Radio

Dan Televisi (Jakarta: Kencana, 2011), hlm 16.

Marrisan, 2010, Jurnalistik televise Mutakhir (Jakarta: Kencana Prenada, 2010)

Mabruri, A. 2013, Manajemen Produksi Naskah TV Format Non-Drama.

Jakarta : Gramedia.

Onong Uchjana Effendy, 2009, Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek (Bandung

PT.Remaja Rosdakarya)

Onong Uchyana effendi, 2004, Dinamika Komunikasi (Bandung: PT Remaja Rodaskarya)

Rusnandi, Dodoy & Rahmawati Indah. 2011. Berkarier di Dunia Broadcast

Televisi & Radio. Laskar Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i1.5708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id