Strategi Komunikasi Organisasi dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai

Dedy Iskandar

Abstract


Komunikasi organisasi yaitu proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi organisasi dalam membangun loyalitas kerja pegawai di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangualisasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan loyalitas pegawai diwujudkan melalui berbagai bentuk komunikasi yang terjadi dalam organisasi. Semua anggota organisasi di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan memegang peranan penting didalam segala aktivitas lembaga dan menjadi faktor penentu dalam jalannya perusahaan dan tercapainya tujuan-tujuan lembaga.


Full Text:

PDF Indonesia

References


Cangara, H. (2017). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Kota Depok: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J.W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gustini, Neng, Mauly. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal Islamic Educational Management. 4 (2): 229-244.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT BumiAksara

Jamaluddin, J.S. (2018). Desain Sekolah Model: Studi Penjaminan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Educational Research. 2 (2): 99.

Kemendikbud Dokumen 02. (2016). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Managemen and Administration Review. 1 (2): 107-118.

Mardikanto, T. (2009). Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Meirawan, D. (2010). Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Sebagai Upaya Pengendalian Mutu Pendidikan Secara nasional Dalam Otonomi Pendidikan. Jurnal Educationist. 4 (2): 126-137.

Nawawi, H. (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Pupitasari, H. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Jurnal Muslim Heritage: 2 (2): 339.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Kota Depok: Raja Grafindo Persada.

Sulaiman, A. W. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di universitas Gadjah mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 4 (1): 17-32.

Sutopo. (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS.

Uchtiwati, S & Zawawi, I. (2014). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Menengah Atas Berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 2 (1): 2-52.

Wursanto. 2002. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Purwanto, Djoko. 2006. KomunikasiBisnis, Edisi 3. Solo :Erlangga

Tubs, Stewart L.-Moss, Sylvia. 2005. Human Communication: Konteks-konteksKomunikasi. Bandung : PT RemajaRosdakarya

Wiryanto. 2004. PengantarIlmuKomunikasi. Jakarta : PT Grasindo

West, Ricard dan Lynn H. Turner. 2008. TeoriKomunikasi :AnalisisdanAplikasi. Jakarta: SalembaHumanika.

Santoso, Edi dan Mite Setiansah. 2010. TeoriKomunikasi. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Littlejohn, Stephe W. dan Karen A. Foss. TeoriKomunikasi. Jakarta: SalembaHumanika.

Widjaja, A.W, 2000, IlmuKomunikasi, Jakarta :PenerbitRinekaCipta

Robbins.Stephen P, 2003, PerilakuOrganisasiJilid 2, Jakarta :Indeks




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i1.5734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id