Perubahan Pola Interaksi Sosial Pada Siswa Pengguna Facebook

Deddy Parwis Jailani Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi sosial bagi siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal, yang menggunakan media sosial Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal yang duduk di kelas X dan kelas XI yang aktif menggunakan Facebook. Populasi penelitian sebanyak 186 orang dengan sampel 65 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan media sosial Facebook variabel X berpengaruh secara parsial terhadap pola interaksi sosial variabel Y, hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat atau thitung > ttabel (28,820 > 1,669), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Media sosial Facebook berpengaruh secara simultan terhadap pola interaksi sosial (variabel Y), hal tersebut dibuktikan dari Fhitung > Ftabel (421,497 > 3,145), H0 ditolak dan Ha diterima.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Aingindra. (2009). Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Online. http://www.aingindra.com/teknologi-komunikasi.html

APJII. (2015). Survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Caleb T Carr, dan R. A. H. (2015). Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 4665.

Kabu, R. S. (2020). Kompetensi Komuniasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 1222.

Mulawarman & Nurfitri D. Aldila. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosia;l beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 3634.

Rudianto. (2015). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Simbolika, 1(1), 112.

Rudianto, B., & Hendra, Y. (2021). Communication of Covid-19 Pandemic Disaster in Indonesia. Utopa y Praxis Latinoamericana, 26(1), 4654.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2020). News Framing on Malay Deli Culture in medan.tribunnews.com Online Media. Komunikator, 12(2). https://doi.org/10.18196/jkm.122041

Sari D. Nurvita Basit Abdul. (2002). Media Sosial Intagram sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 2336.

Thibaut & Kelley. (2008). Teori Sosiologis Edisi Keenam. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.5892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id