Line Today dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksin Covid 19 Pada Mahasiswa Sebelum Pembelajaran Luring

Edy Prihantoro, Noviawan Rasyid Ohorella

Abstract


Line Today merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh mahasiswa dalam mencari informasi, berita, dan hiburan. Aplikasi yang ada ini dibuat untuk memperkaya informasi yang menarik, terkini, dan informatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Line Today terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Vaksin Covid 19 pada para mahasiswa sebelum pembelajaran Luring dilaksanakan. Metode yang dipakai adalah kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 200 orang responden dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Angkatan 2016. Data dikumpulkan dengan metode survey melalui kuesioner yang disebar secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Line Today memiliki pengaruh yang cukup signifikan sebesar 74,7% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Vaksin Covid 19 pada mahasiswa sebelum pembelajaran luring dilaksanakan. Line Today dapat dijadikan referensi mencari informasi yang praktis dan efisien terkait vaksin Covid 19. Mahasiswa merasa puas dengan informasi yang disajikan dalam Aplikasi Line Today. Mahasiswa sebagai kelompok intelektual muda, dan agen perubahan tentu membutuhkan banyak informasi baru untuk memperluas wawasan mereka, terutama terkait vaksin. Mahasiswa mencari informasi dengan detil untuk memastikan bahwa pembelajaran Luring yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, tanpa rasa takut terpapar Covid 19. Mereka merasakan semakin sering menggunakan Aplikasi Line Today untuk membaca berita atau mencari informasi maka dapat memenuhi kebutuhan informasinya.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Nasrullah, R. (2012). Komunikasi Antar Budaya: Di Era Budaya Siber. Prenada Media.

Rakhmat, J. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosda Karya.

Rudianto. (2015). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Simbolika, 1(1), 112.

Rudianto, B., & Hendra, Y. (2021). Communication of Covid-19 Pandemic Disaster in Indonesia. Utopa y Praxis Latinoamericana, 26(1), 4654.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2020). News Framing on Malay Deli Culture in medan.tribunnews.com Online Media. Komunikator, 12(2). https://doi.org/10.18196/jkm.122041

Sugiyono. (2002). Statistik Untuk Penelitian Penerbit. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.6886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id