Manajemen Media Instagram PS Sleman (@pssleman) Selama Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Engagement

Ryedo Misbahul Adha, Fajar Junaedi

Abstract


Ketika kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia Liga 1 dihentikan sementara yang akibatkan penyebaran virus Covid-19 pada bulan April-Agustus 2020, semua aktivitas klub terpaksa dihentikan. Digital Media PS Sleman yang memiliki tanggung jawab untuk pengelolaan aset digital, salah satunya medium Instagram. Ini menjadi tantangan bagi Digital Media PS Sleman untuk selalu update berita dan informasi klub dengan pemanfaatan new media selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mendiskripsikan dan mengetahui strategi Digital Media PS Sleman agar meningkatkan aktivitas-interaksi (engagement) selama tidak ada kompetisi akibat wabah Covid-19. Menggunakan penelitian kualitatif deskripstif dengan wawancara mendalam, observasi dan mengumpulkan data. Mayoritas konten-konten yang disajikan Digital Media PS Sleman lebih ber-genre gimmick agar terkesan tidak kaku dan informal supaya mendapatkan atensi sehingga followers @pssleman melakukan aksi setelah setiap konten Instagram diunggah. Karena tidak adanya aktivitas kompetisi resmi membuat Digital Media PS Sleman bersinergi dengan departemen lain untuk selalu menyajikan konten-konten selama pandemi seperti iklan digital, bakti sosial maupun progres pembangunan klub.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Anshari, F., & Akbar, F. Q. S. (2019). Analisis Model Pengelolaan Platform New Media Oleh Klub Sepakbola di Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 818. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1228

Anshari, F., & Prastya, N. M. (2014). New Media dan Social Media Sebagai Sarana Branding. In Sport, Komunikasi, Dan Audiens: Arena Olahraga dalam Diskursus Ekonomi-Politik, Bisnis, dan Cultural Studies (pp. 151170). Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi.

Brown, C. V., & Magill, S. L. (1998). Reconceptualizing the Context-Design Issue for the Information System Function. Organization Science, 9(2), 176194. https://doi.org/10.1287/orsc.9.2.176

Daft, R. L. (2007). Manajemen Edisi 6. Salemba Empat.

Di Gangi, P. M., & Wasko, M. (2016). Social media engagement theory: Exploring the infuence of user engagement on social media usage. Journal of Organizational and End User Computing, 28(2), 5373. https://doi.org/10.4018/JOEUC.2016040104

Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2019, 2, 5661.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 1323.

Jensen, T. B., & Aanestad, M. (2007). How healthcare professionals make sense of an electronic patient record adoption. Information Systems Management, 24(1), 2942. https://doi.org/10.1080/10580530601036794

Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa, Teori, Aplikasi, dan Riset. Litera.

Junaedi, F., & Sukmono, F. G. (2018). Komunikasi Kesehatan: Sebuah Pengantar Komprehensif. Prenada Media.

Luik, J. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar. Kencana.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 19. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

McKenney, M. (2018). Digital transformation in journalism and news media: media management, media convergence and globalization. In International Journal on Media Management (Vol. 20, Issue 2). https://doi.org/10.1080/14241277.2018.1484623

Nicholson, M. (2007). Sport and the Media: Managing the Nexus. Elseviers Science & Technology.

zsoy, S. (2011). Use of new media by Turkish fans in sport communication: Facebook and Twitter. Journal of Human Kinetics, 28(1), 165176. https://doi.org/10.2478/v10078-011-0033-x

Prastya, N. M. (2020). The Fan Use of Football Club Official Media (Descriptive Study of The Use of PS Sleman Official Media). Komunikator, 12(1). https://doi.org/10.18196/jkm.121033

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Rahmitasari, D. H. (2017). Manajemen Media di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rudianto. (2015). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Simbolika, 1(1), 112.

Rudianto, B., & Hendra, Y. (2021). Communication of Covid-19 Pandemic Disaster in Indonesia. Utopa y Praxis Latinoamericana, 26(1), 4654.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2020). News Framing on Malay Deli Culture in medan.tribunnews.com Online Media. Komunikator, 12(2). https://doi.org/10.18196/jkm.122041

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 2336. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Syarifudin, T. (2020). Model Manajemen Media Komunitas Berbasis Fans Sepak Bola Pasoepati.Net dalam Perspektif Structure Conduct Perform (SCP). Jurnal Audiens. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/ja.12017

Yin, R. K., & Mudzakir, M. D. (2008). Studi Kasus: Desain & Metode / Robert K. Yin; Penerjemah M. Djauzi Mudzakir. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.7486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id