Pola Perilaku Konsumen Dalam Memanfaatkan Kolom Review Pada Website Female Daily

Sevlira Dellianggi Chuzaini, Putri Alfiani Nur Maulida, Zalfa Zaachira Fachrudin

Abstract


Saat ini online review menjadi hal yang penting bagi konsumen maupun produsen. Bagi produsen online review membantu untuk mempelajari dan mengevaluasi customer. Sementara bagi customer, online review dapat membantu untuk menentukan produk mana yang sesuai dan cocok untuk dirinya. Kini, online review juga lebih dipercayai oleh para konsumen dibandingkan informasi yang diberikan oleh produk itu sendiri. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola perilaku dan cara penyampaian konsumen sehingga dapat membantu konsumen lain dalam mencari sebuah produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dimana sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel-artikel serta penelitian terlebih yang dikaji lebih dalam untuk mencapai tujuan penelitian. Peneliti menggunakan teori Online Review dan teori Planned Behavior. Temuan penelitian menyatakan bahwa Online Review dapat menjadi sumber informasi sebagai acuan keputusan pembelian bagi konsumen lain yang ditelaah melalui tiga karakteristik. selain itu juga terdapat kesinambungan dengan teori Planned Behavior yang dapat mengidentifikasi review secara spesifik sehingga dapat mendapat kesimpulan apakah review tersebut positif atau negatif.


Kata Kunci: Online Review, Perilaku Konsumen, Planned Behavior



Full Text:

PDF INDONESIA

References


About Best of Beauty Awards. [n.d].

Diperoleh pada April 18, 2021, dari https://awards.femaledaily.com

About Us Female Daily. [n.d].

Diperoleh pada April 18, 2021, dari https://femaledaily.com/about

Almana, A., & Mirza, A. A. (2013). The

Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications, 23-31. doi: http://dx.doi.org/10.5120/14145-2286.

Arifuddin, Z., & Suwasono, E. (2020).

Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Online Tokopedia. Revitalisasi : Jurnal Ilmu Manajemen, 87-91, 9(1). doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i1.1082

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public

Relations. Surabaya : Jakad Media Publishing.

Kanitra, A. R., & Kusumawati, A.

(2018). Pengaruh Country of Origin dan Online Consumer Review terhadap Trust dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64-73, 1(61).

Kemenperin. (2018, Juli 19). Kinerja

Industri Kosmetik Nasional Lampaui Pertumbuhan Ekonomi. Diperoleh 18 April 2021 dari https://kemenperin.go.id/artikel/19435/Kinerja-Industri-Kosmetik-Nasional-Lampaui-Pertumbuhan-Ekonomi

Kemenperin. (2020, November 24).

Dampak Pandemi, Transaksi Belanja Online Produk Kosmetik Naik 80%. Diperoleh 18 April 2021 dari https://www.kemenperin.go.id/artikel/22137/Dampak-Pandemi,-Transaksi-Belanja-Online-Produk-Kosmetik-Naik-80

Liu, Q., Karahanna, E., & Watson, R. T. (2011). Unveiling User-Generated Content: Designing Websites to Best Present Customer Reviews. Business Horizons, 231-240. doi: https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.004

Liu, Z., & Park, S. (2015). What Makes

a Useful Online Review? Implication for Travel Product Websites. Tourism Management, 140-151. doi: https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.09.020

Malthouse, E.C., Maslowska, E., Kim,

S. J., & Viswanathan, V. (2018). Online Reviews as Customers Dialogues with and about Brands. Handbook of Research on Customer Engagement, 76-96. doi: 10.4337/9781788114899.

Mo, Z., Li, Y. F., & Fan, P. (2015).

Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 419-424. doi: http://dx.doi.org/10.4236/jssm.2015.83043

Mothersbaugh, D. L., Hawkins, I. D., & Kleiser, B. S. (2020). Consumer Behavior Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill Education.

Nabila, M. (2020, Juli 7). Female Daily

Rambah Layanan E-Commerce Melalui Beauty Studio. Diperoleh 18 April 2021 dari https://dailysocial.id/post/female-daily-rambah-layanan-e-commerce-melalui-beauty-studio

Pertiwi, W. K. (2020, Oktober 23).

Studi Ungkap Orang Indonesia Paling Doyan Buka Aplikasi Belanja. Diperoleh 18 April 2021 dari https://tekno.kompas.com/read/2020/10/23/17440027/studi-ungkap-orang-indonesia-paling-doyan-buka-aplikasi-belanja

Prasetyo, H. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. Jurnal Teknik Industri, 18.

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015).

Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website untuk Para Penulis. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1-10.

Ramdhani, N. (2011). Penyusunan alat

pengukur berbasis theory of planned behavior. Buletin Psikologi, Vol 19 No 2, 55 - 69.

Sarudin, R., & Ismail, A. (2021). Analisis Online Review TripAdvisor.com terhadap Minat Pembelian Produk Jasa Akomodasi di Hotel Manhattan. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 33-43, 7(4). doi: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.2634

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior. England: Pearson.

Susanto, M. A., & Aprianingsih, A.

(2016). The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: Study in Premium Cosmetic in Indonesia.

International Conference on Ethics of Business, Economic, and Social Science, 218-230, 2528-617X.

Tentang Kami BeautyHaul. [n.d].

Diperoleh pada April 18, 2021

dari https://www.beautyhaul.com/hello

The New Beauty Journal, Media

Pertama di Indonesia dengan Built In Commerce (Oktober 19, 2017). Diperoleh pada April 18, 2021, dari https://www.soco.id/post/beauty/5c1bccf93ad3fa7d5e648cd2/soco-and-the-new-beauty-journal

Wikamorys, D.A., & Rochmach, T.N.

(2017). Aplikasi Theory of Planned Behavior dalam membangkitkan niat pasien untuk melakukan operasi katarak. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol 5 No 1, 32 - 40.

Zhao, X., Wang, L., Guo, X., & Law, R.

(2015). The Influence of Online Reviews to Online Hotel Booking Intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 1343-1364. doi: http://dx.doi.org/10.1108/IJCHM-12-2013-0542.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.7610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id