Sistem Penggerak Pergerakan Meja Radiologi

Basuki Rahmat, Dyah Purwaningrum, Sugeng Santoso

Abstract


Sistem penggerak yang terdapat pada instrumentasi medis banyak sekali contohnya, salah satunya adalah sistem penggerak pada meja radiologi. Meja radiologi tidak seperti meja pada umumnya tetapi memiliki fungsi tertentu dimana meja radiologi dapat digerakan secara sliding dan tilting.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem penggerak pada alat simulasi meja radiologi yang dapat digerakan secara sliding dan tilting. Sistem yang dirancang dan dibuat berbahan kayu lapis dan sistem penggeraknya menggunakan motor DC, untuk dimensi yang akan dibuat berdimensi lebar empat puluh centimeter, panjang enampuluh centimeter dan tinggi empatpuluh centimeter. Dari penelitian ini diharapkan dapat dipelajari model sistem penggerak yang yang mudah untuk dikontrol teteapi masih memiliki fungsi yang sama. Metode yang digunakan pada penelitian ini akan dirancang dan dibuat sistem penggerak pergerakan meja radiologi yang dapat digerakan secara sliding dan tilting. Luaran yang dihasilkan dari proses penelitian ini adalah publikasi jurnal nasional terakreditasi bidang teknologi kesehatan dan sistem kontrol meja pasien radiologi fluoroscopy.

Keywords


Radiologi, Tilting, Sliding

Full Text:

PDF

References


Prima WW, Basuki R, Agung S N, Rancang Bangun Alat Penghitung Indeks Massa Tubuh Otomatis. Prosiding Seminar Nasional Energi Telekamunikasi dan Otomasi (SNETO) 2017. ISBN : 978-602-74127-4-3. http://ebook.itenas.ac.id/index.php?p=fstream&fid=28&bid=22.

Y. M .Dinata, Arduino Itu Mudah, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2005.

Abdul Kadir. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Pemrograman Menggunakan Arduino.Yogyakarta:Andi Offset.

Lingga Wardhana, Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR seri ATMega 8535 : Simulasi, Hardware, dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Publisher, 2006.

Purnomo, R. D. (2013, Oktober 25). Pemeriksaan Radiologi dengan Media Kontras.

Jazi Eko Istiyanto, Pengantar Elektronika dan Instrumentasi (Pendekatan Projek Arduino dan Android), Andi Yogyakarta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/rele.v4i2.9531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.