Analisa Kadar Kualitatif Senyawa Lutein dari Tanaman Kenikir (Tagetes erecta L) Sebagai Mikrohabitat Dari Musuh Alami Hama.

Rini Susanti, Andini Hanif, Lisdayani Lisdayani

Abstract


Tagetes erecta merupakan tanaman yang tumbuh liar dan mempunyai mahkota bunga berwarna oranye, mempunyai manfaat sebagai agen kemopreventif karena mempunyai kandungan senyawa-senyawa bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Manfaat lain dari bunga Tagetes erecta dapat berfungsi sebagai refugia mikrohabitat bagi beberapa jenis serangga musuh alami yang bisa menarik serangga musuh alami karena mempunyai bunga yang berwarna cerah . Penelitian bertujuan untuk melihat kadar kuantitatif dari bunga kenikir (Tagetes erecta) sehingga dapat berfungsi sebagai mikrohabitat bagi beberapa jenis musuh alami yang ada disekitar areal pertanaman petani di desa patumbak. Metode penelitian menggunakan analisa deskriptif dengan cara analisa kuantitatif kadar lutein dari bunga kenikir yang dilakukan di Laboratorium pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil penelitian didapat kadar kuantittif dari ekrtak T.erecta didapat kadar lutein crude sebesar 4.33 mg dan KLT dengan Rf sebesar 0.57 cm

Keywords


Lutein, Musuh Alami, Tagetes erecta

Full Text:

PDF

References


Dalimarttha, S. 2003. Tumbuhan Obat Indonesia jilid 3. Jakarta.

Gopi, G., A. Elumalai and P. Jayasri. (2012). A Concise Review on agetes erecta. International Journal of Phytopharmacy Research.

Kusmiati., Agustini, N. W. S., Tamat, S. R, dan Irawati, M. 2010. Ekstraksi dan Purifikasi Senyawa Lutein dari Mikroalga Chlorella pyrenoidosa Galur Lokal Ink. Jurnal Kimia Indonesia 5 (1) : 30-34.

Kusmiati., Tamat, S . R., dan Ilmiarti, T. A. 2015. Isolasi Lutein dari Bunga Kenikir (Tagetes erecta L.) dan Identifikasi menggunakan Fourier Transformed Infra Red dan Kromoatografi Cair Spektrometri Massa. Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v21i3.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.