Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa) Dan Ikan Lele (Clarias) dengan Sistem Akuaponik.

M. Darmawan, Irmawati Irmawati, Asmuliani R.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan kepadatan ikan lele terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada dengan sistem akuaponik, untuk mengetahui kepadatan ikan lele yang memberikan produksi ikan yang terbaik. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan 3 perlakuan dan diulang 3 kali. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) menggunakan analysis of variance (ANOVA). Perlakuan K0 : 0 ekor ikan lele, K1 : 20 ekor ikan lele dan K2: 40 ekor ikan lele. Hasil penelitian menunjukkan kepadatan ikan lele yang memberikan pengaruh yang terbaik untuk pengamatan diameter batang dan luas daun adalah kepadatan 40 ekor/ kolam, sedangkan untuk bobot panen selada yang terbaik adalah dengan perlakuan 20 ekor/ kolam. Sistem akuaponik memberikan pengaruh terhadap produktivitas ikan lele.

Keywords


Akuaponik, ikan lele, pertumbuhan, produksi, tanaman selada

Full Text:

PDF

References


Darmawan M dan Jabal Nur. 2017. Pengaruh Pupuk Organik Cair dan Kepadatan Ikan Nila Terhadap Pertumbuhan Vegeratif Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Sistem Akuaponik. Journal of Agritech Science Vol 1 No 2.

Fariudin R, Endang S, Sriyanto W.2017. Pertumbuhan dan Hasil Dua Kultivar Selada (Lactuca sativa L.) Dalam Akuaponik Pada Kolam Gurami dan Kolam Nila. Fakultas Pertanian Gadja Mada. Yogjakarta

Hariati M F S, Dade Jubaedah, Muchamad Syaifudin. 2017. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele (Clarias sp) pada Salinitas Media yang Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia 5(1), 83-96

Megasari R. 2017. Teknologi Aquaponik Tanaman dan Ikan Nila Pada Tiga Jenis Media Tanam dan Frekuensi Pemupukan. Tesis. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Putra I, D. Djoko S, Dinamella W. 2010. Penyerapan Nitrogen dengan Medium Filter Berbeda Pada Pemeliharaan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dalam Sistem Resirkulasi. Thesis. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Sumoharjo. 2010. Penyisihan Limbah Nitrogen pada Pemeliharaan Ikan Nila Oreochromis niloticus dalam Sistem Akuaponik : Konfigurasi Desain Bioreaktor. Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sutanto, R. 2012. Inventarisasi Teknologi Alternatif Dalam Mendukung Pertanian Berkelanjutan. Jurusan Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian UGM. Yogyakarta

Untung O. 2003. Hidroponik Sayuran Sistem NFT (Nutrtient Film Technique). Penebar Swadaya. Jakarta.

Wantasen. 2013. Kondisi Kualitas Perairan Dan Substrat Dasar Sebagai Faktor Pendukung Aktivitas Pertumbuhan Mangrove Di Pantai Pesisir Desa Basaan I, Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Platax. Vol. 1 No. 4. September 2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v22i3.4687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.