Peningkatan Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Tomat Akibat Aplikasi Kompos dan Pupuk Organik Cair.

Devi Andriani Luta

Abstract


Perbaikan pembudidayaan tomat pada media polybag melalui aplikasi kompos dan pupuk organik cair perlu diperhatikan untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tomat pada media polybag. Kompos dan pupuk organir cair memiliki unsur hara yang dibtuhkan tanaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aplikasi kompos dan pupuk organik cair dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan pada areal di Binjai Sumatera Utara pada bulan Mei - Juli 2020. Penelitian ini memakai Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor dan 3 blok. Faktor K (kompos) dan Faktor C (pupuk organik cair). Aplikasi kompos yang terbaik K1 ( 25% kompos + 75% top soil) pada media polybag. Aplikasi kompos memberikan pengaruh yang nyata pada penelitian ini dibandingkan tanpa aplikasi kompos.

Keywords


Kompos, pertumbuhan, produksi, pupuk organik cair, tomat

Full Text:

PDF

References


Damanik, M. M. B, Hasibuan, B. E, Fauzi, Sarifuddin, Hanum, H. 2010. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. USU Press. Medan.

Hardjowigeno, S. 2010. Ilmu Tanah. Akademik Pressindo, Cetakan Ketujuh. Jakarta.

Harjadi, S. 1979. Pengantar Agronomi. PT. Gramedia. Jakarta.

Supriati, Y dan Siregar, F, D. 2009. Bertanam Tomat dalam Pot dan Polibag. Penebar Swadaya. Bogor.

Suriadikarta, Didit Ardi, Simanungkalit, R. D. M. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Balai Besar Penelitian dan pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian. Jawa Barat.

Suryani, Y, R, Sudarma, A, D dan Sumarsono., 2020. Pertumbuhan dan Produksi Tomat (Lycopersicum esculentum) akibat Berbagai Jenis Pupuk Organik dan Dosis Mulsa Sekam Padi. NICHE Journal of Tropical Biology 202, 3 (1):18-25, e-ISSN : 2614-8307.

Sutejo, M. M. 2005. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Cetakan Kedelapan. Jakarta.

Wibowo, N, I., 2016. Perlakuan Media Tanam dengan Pupuk Organik pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Jurnal Agroscience Volume 6 No. 1: Januari-Juni 2016.

Zulfitri, 2005. Analisis Varietas dan Polybag terhadap Hasil Cabai (Capsicum annum L.) Sistem Hidroponik, Buletin Penelitian (08) Universitas Mercu Buana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v23i1.5660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.