Analisis Laba Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang

Amirul Syah, Salman Farisi, Muslih Muslih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memprediksi arus kas di masa mendatang dengan menggunakan laba kotor dan laba bersih. Penelitian ini dilakukan pada Perum Perumnas Regional I Medan periode 2014 – 2020. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa arus kas Perum Perumnas Regional I Medan dengan menggunakan laba kotor dan laba bersih pada tahun 2014 – 2020 tergolong baik meskipun terjadinya penurunan laba kotor dan laba bersih pada tahun 2017, bahkan pada laba bersih bernilai negatif. Penyebab terjadinya penurunan  laba bersih yang negatif pada tahun 2017 adalah penurunan dari pendapatan bersih dan laba bersih setelah pajak yang diterima oleh perusahaan. Agar arus kas perusahaan semakin baik lagi sebaiknya Perum Perumnas Regional I Medan berusaha untuk memanfaatkan aktiva yang seefektif mungkin, menghindari besarnya beban meningkatnya volume pendapatan serta mengurangi pengeluaran biaya – biaya yang tidak diperlukan sehingga dapat menghasilkan laba yang lebih optimal dan mampu menciptakan nilai tambah ekonominya.


Keywords


Laba Kotor, Laba Bersih, Arus Kas.

Full Text:

PDF

References


Harahap, Sofyan Syafri (2011) . Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hani, Saprida (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. UMSU PRESS Medan.

Hafsah (2016). Analisis Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Dalam Menilai Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 16(1), 1-16.

Hery (2014). Pengendalian Akuntansi dan Manajemen. Cetakan ke-1. Jakarta : Kencana.

Jumingan (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-5, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Lubis, Arfan Ikhsan. Yamin, Muhamad. Lesmana, Sukma dan Ritonga, Pandapotan (2017). Teori Akuntansi. Cetakan ke-2. Medan : Madenatera.

Lubis, Arfan Ikhsan. Muhyarsyah. Tanjung, Hasrudy dan Oktaviani, Ayu (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Cetakan ke-1, Bandung : Cita Pustaka Media.

Nuraina, Elva (2011). Laba, Arus Kas Operasi Dan Akrual Sebagai Penentu Laba Operasi Masa Depan. Jurnal Dinamika Manajemen. 2(1), 62-69.

Putro, G Ardisusilo (2007). Analisis Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Operasi Mendatang. Jurnal EMBA. 14(3), 70-85.

Ramadhan, Kurniawan Dwi dan Syarfan, La Ode (2016). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Ricky Kurniawan Kerta Persada Jambi. Jurnal Valuta. 2(3), 190-207.

Rambe, Muis Fauzi. Gunawan, Ade. Julita. Parlindungan, Roni. Gultom, Dedek Kurniawan dan Wahyuni, Sri Fitri (2016). Manajemen Keuangan. Cetakan ke-4, Bandung : Cita Pustaka Media, UMSU Press Medan.

Rispayanto, Shofiahilmy (2013). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Mendatang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Valuta. 3(2), 1-23.

Sujarweni, V. Wiratna (2011). Manajemen Keuangan. Yogyakarta, Pustaka Baru Press.

Sinaga, Raisa Grace M dan Syarif, Firman ( 2012). Kemampuan Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Dimasa Depan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Valuta. 2(3), 5-15

Wanti, Ferra Kusuma Purbo (2012). Kemampuan Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Dan Rasio Piutang Untuk Mempengaruhi Arus Kas Masa Mendatang Pada Perusahaan Food And Beverage Di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. 12(3), 36-41.

Widiana, Maya ( 2011). Pengaruh Laba Kotor, Laba Bersih Dan Arus Kas Untuk Memprediksi Arus Kas Dimasa Mendatang Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. 3(2), 1-19.

Yocelyn, Azilia dan Christiawan Yulius Jogi (2012). Laba Bersih Dan Laba Kotor Dalam Memprediksi Arus Kas Dimasa Mendatang Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 14(2), 81-90.




DOI: https://doi.org/10.30596/14801