Analisis Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Arrum Septiana, Zulkifli Zulkifli

Abstract


This study analyzes the effect of profitability and leverage on company value with company size as a moderation variable in LQ45 Companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2022 period. The sampling technique uses purposive sampling, so the total research sample is 83 companies. This research data was analyzed using multiple linear regression analysis and moderated regression analysis (MRA) technique with the help of SPSS software version 26. The results showed that profitability had a positive and significant effect on the value of the company. Leverage has a positive and significant effect on the value of the company. Company size cannot moderate the effect of profitability on company value, but company size can moderate the effect of leverage on company value.


Keywords


Profitability, Leverage, Company Size, Company Value

Full Text:

PDF

References


Agustia, D., Sawarjuwono, T., & Dianawati, W. (2019). The Mediating Effect of Environmental Management Accounting on Green Innovation—Firm Value Relationship. International Journal of Energy Economics and Policy, 9(2), 299–306.

Aisyah, N. R., & Sartika, F. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(1), 97–108.

Angelia, M. (2020). Pengaruh Profitability dan Leverage Terhadap Cash Holding Dengan Tax Planning Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 7(2), 101–120. https://doi.org/10.25105/jmat.v7i2.7414

Angga Pratama, Aa. B., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Firm Size dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(5), 1289–1318. https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i05.p03

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi 14). Jakarta: Salemba Empat.

Devi, S. C., & Riduwan, A. (2023). Pengaruh Profitabilits, Leverage dan Arus Kas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 12(7). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/issue/view/216

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husna, A., & Satria, I. (2019). Effect of Return on Asset, Debt to Asset Ratio, Current Ratio, Firm Size and Dividend Payout Ratio on Firm Value. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(5), 50–54. https://doi.org/10.32479/ijefi.8595

Khairunnisa, T., Taufik, T., & Thamrin, K. M. H. (2019). Pengaruh Debt to Equity ratio, Return on Assets, Assets Growth, Current Ratio dan Total Assets Turnover Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 31–44. https://doi.org/10.29259/jmbt.v16i1.9253

Lamba, A. B., & Atahau, A. D. R. (2022). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi Profitabilitas. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 6(1), 16–31. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.12698

Mispiyanti, M., & Wicaksono, R. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi. Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 396. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.237

Ndasa, A. M., Nurhayati, I. D., & Hasan, K. (2021). Pengaruh Profitabilitas dan Laverage Terhadap Nilai Perusahaan Studi Pada Sub Sektor Pertambangan Batu Bara. Journal of Public and Business Accounting, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.31328/jopba.v2i1.268

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 67–82.

Susesti, D. A., & Wahyuningtyas, E. T. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Accounting and Management Journal, 6(1), 36–49. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2821

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Levrage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, x(1). http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/26/14

Welly, Y., Susanti, E., Azwar, K., & Grace, E. (2019). Leverage dan Profitabiitas Terhadap Nilai Perusahaan Serta Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderat Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.37403/financial.v5i2.115




DOI: https://doi.org/10.30596/17716