Pengaruh Pelayanan Konsultasi dan Pengawasan Oleh Account Representative (AR) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan

Muhammad Agus Mulyadi Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh Account Representative terhadap kepatuhan wajib pajak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur, dari populasi yang ada dapat ditentukan sampel sebanyak 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, dengan cara mengumpulkan data-data melalui penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Metode pengolahan data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil uji regresi ditemukan bahwa secara parsial variabel pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh Account Representative berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, secara simultan variabel pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh Account Representative berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien korelasi (R) 0,587 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,325 menunjukkan bahwa pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh Account Representative memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 32,5% dan 67,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.


Keywords


Pelayanan, Konsultasi, Pengawasan dan Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Boy, Nofri. (2010). Analisis Pengaruh Pelayanan, Konsultasi dan Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tangerang dan Serpong), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell. (2011). Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjo, Dwikora. (2013). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hutagaol, John. (2007). Perpajakan Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Ilyas, Wirawan B. dan Rudi Suhartono. (2013). Perpajakan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Irawan, Rahmawati dan Arja Sadjiarto. (2013). Pengaruh Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Tarakan, Jurnal Tax & Accounting Review, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Vol. 3 No. 2, 2013.

Kuncoro, Mudrajat. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Marsudi, Saring. (2003). Layanan dan Bimbingan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Nuryani. (2016). Hubungan Persepsi Pelayanan, Persepsi Konsultasi dan Persepsi Pengawasan Account Representative (AR) dengan Persepsi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Pandan, Siti Hajari. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan dan Kesadaran terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal, Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Pasal 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor.79/PMK.01/2015 tentang Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak.

Priantara, Diaz. (2016). Perpajakan Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rachmawati, Annissa Dwi, et al. (2014). Pengaruh Account Representative (AR) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Rosady, Imas Siti. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kinerja Account Representative (AR) terhadap Kepatuhan Perpajakan, Jurnal, Universitas Komputer Indonesia.

Sari, Diana. (2013). Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Retno. (2015). Pengaruh Pelayanan, Pengawasan dan Konsultasi yang Dilaksanakan oleh Account Representative serta Pemeriksaan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Vol. 2 No. 2, Oktober 2015.

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Buku 1. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Wibisono, Dermawan. (2013). Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta:Andi.

Widomoko, Nofryanti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Konsultasi oleh Account Representative (AR) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal Renaissance, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Vol. 2 No. 1, Mei 2017.

Winardi. (2000). Manajer dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v18i2.3301