DETERMINASI KEPUASAN FRANCHISEE DI KOTA MEDAN
Abstract
yang memegang peranan yang signifikan dalam pertumbuhan dan perluasan bisnis
di Indonesia khususnya di Medan. Beberapa isi dari literatur franchisee dan beritaberita yang terkemuka berhubungan dengan sindiran-sindiran serta bukti-bukti dari
konflik yang terjadi antara franchisee dan franchisor menandai bahwa perjanjian
franchise perlu diteliti. Oleh karena itu hal tersebut adalah hal yang penting untuk
dimengerti mengenai perihal-perihal yang membuat franchisee dan franchisor
merasa terjepit. Itulah yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Determinasi Perjanjian Franchise dan Kepuasan Franchisee. Dengan menggunakan
hasil survey dari franchisee, studi ini mengidentifikasi variabel-variabel dari
perjanjian franchise dan kepuasan franchisee. Pengolahan data dilakukan
menggunakan statistic nonparametric, dengan metode korelasi Kendall. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa diantara 8 variabel bebas dari perjanjian franchise yakni fasilitas, marketing, keuangan, Komunikasi, jaminan, pelatihan, sistem pengawasan dan tata cara pemutusan kerjasama perjanjian, yang memiliki hubungan
yang cukup kuat dengan variabel terikat kepuasan franchisee adalah 4 variabel bebas, yakni fasilitas, jaminan, sistem pengawasan dan tata cara pemutusan kerjasama perjanjian. Sementara yang paling dominan adalah variabel jaminan,
dengan koefisien korelasi sebesar 0,510 dan tingkat signifikan sebesar 0,010 untuk kualitas pelayanan dan 0,442 dan tingkat signifikan sebesar 0,030 untuk Keyakinan. Kualitas Pelayanan dan Keyakinan adalah dua dari tiga variabel Kepuasan Franchisee. Ini adalah bukti bahwa sebuah jaminan mampu memberikan kepuasan kepada para franchisee.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fox, Stephen ,1993, Seri Bisnis Baron, Membeli dan Menjual Bisnis and Franchise,
PT. Elex Media Komputindo,Jakarta
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program SPSS.
Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gyrna, James F., Roger D, Blackwel, Paul W.Miniard, 1994, Customer Behaviour,
Eight Edition, Orlando, The Dryden Press
Hasibuan, M.S.P, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keenam,
Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Hair F Joseph, Money Arthur H,samouel Philip, Page Mike. 2007. Research
Methodes for Business. Jhon Wiley & Sons Lt.
Kotler,Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta
Longchecker, Justin G,Carlos W.Moore and J.William, Kewirausahaan,2001,
Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Lukas Setia Atmaja, 1999, Manajemen Keuangan, Andi Offset, Yogyakarta
Mendelshon, Martin, 1997, Franchising; Petunjuk Praktis Bagi Franchisor dan
Franchisee,Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta
Sarwono, Jonathan., & Martadiredja, Tutty. (2008), Riset Bisnis Untuk Pengambilan
Keputusan. Andi, Yogyakarta.
Sherman, Andrew J,2004, Franchising and Licensing, AMACOM, New York, USA
Simamora, Henry, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN,
Yogyakarta
Sugiyono,2003 , Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung
Singgih Santoso,2014, Statistik NonParametrik Edisi Revisi, PT. Elex Media
Komputindo Kelompok PT. Gramedia, Jakarta. 121140336. ISBN:
Thomas, Dave and Seid, Michael, 2000, Franchising For Dummies, Hungry Minds,
New York
Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran Edisi 2 Yogyakarta
Tunggal, Imam Sjahputra, 2004, Franchising Konsep & Kasus, Harvarindo, Jakarta
Widjaja, Gunawan,2001, Seri Hukum Bisnis Waralaba, PT. Raja Grafindo Persada,
Jakarta
Widjaja, Gunawan,2002, Lisensei atau Waralaba Suatu Panduan Praktis, PT. Raja
Grafindo Persada, Jakarta
Wiratmo Masykur,1995,Pengantar Kewiraswastaan Kerangka Dasar Memasuki
Dunia Bisnis,Edisi Pertama BPFE,Jogyakarta
Zeithmal, Valari, A. Parasuraman A. and Berry, Leonard. 1990. Delivering Quality
Service Balancing Customer Perception and Expectation. New York: The
Free Press
Sumber Lainnya
Bisnis Indonesia, September 2003, Suplemen khusus Waralaba
Bronson, James W, Faircloth, Jame B and Chacko,Jacob M,2003 Toward a Strategic
Model of the Franchise Form of Business Organization, University of North
Dakota. www.badlands nodak.edu
Cantor, Arthur I and Peter J. Klarfeld, 1998, Franchising , The National Law
Journal, Monday,February 16,1998, The New York Law publishing
Company
Harif, Mohd A.Azhar,, 2003 , New Practical Framework or Keuangan Planning
Process in Developing A New Franchise Sistem : An action research study in
Malaysia, www.univie.ac.at/EMNET
http://education.yahoo.com/
http://www.businessaccess.vic.gov.au
Kaufman, Pat, Stanworth and Purdy , The Blenheim/ University of Westminster
Franchise Survey ; A Comparison of U.K. and U.S. Data, International
Franchise Research Centre, Special Studies Series No.5, March
,Published By University of Westminster Press ISBN 1 85919 0413
DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v14i2.416