DETERMINASI KEPUASAN FRANCHISEE DI KOTA MEDAN

Tetty Yuliati ., Desi Ika

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada semakin berkembang pesatnya bisnis franchise
yang memegang peranan yang signifikan dalam pertumbuhan dan perluasan bisnis
di Indonesia khususnya di Medan. Beberapa isi dari literatur franchisee dan beritaberita yang terkemuka berhubungan dengan sindiran-sindiran serta bukti-bukti dari
konflik yang terjadi antara franchisee dan franchisor menandai bahwa perjanjian
franchise perlu diteliti. Oleh karena itu hal tersebut adalah hal yang penting untuk
dimengerti mengenai perihal-perihal yang membuat franchisee dan franchisor
merasa terjepit. Itulah yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Determinasi Perjanjian Franchise dan Kepuasan Franchisee. Dengan menggunakan
hasil survey dari franchisee, studi ini mengidentifikasi variabel-variabel dari
perjanjian franchise dan kepuasan franchisee. Pengolahan data dilakukan
menggunakan statistic nonparametric, dengan metode korelasi Kendall. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa diantara 8 variabel bebas dari perjanjian franchise yakni fasilitas, marketing, keuangan, Komunikasi, jaminan, pelatihan, sistem pengawasan dan tata cara pemutusan kerjasama perjanjian, yang memiliki hubungan
yang cukup kuat dengan variabel terikat kepuasan franchisee adalah 4 variabel bebas, yakni fasilitas, jaminan, sistem pengawasan dan tata cara pemutusan kerjasama perjanjian. Sementara yang paling dominan adalah variabel jaminan,
dengan koefisien korelasi sebesar 0,510 dan tingkat signifikan sebesar 0,010 untuk kualitas pelayanan dan 0,442 dan tingkat signifikan sebesar 0,030 untuk Keyakinan. Kualitas Pelayanan dan Keyakinan adalah dua dari tiga variabel Kepuasan Franchisee. Ini adalah bukti bahwa sebuah jaminan mampu memberikan kepuasan kepada para franchisee.




Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Akuntansi, Bisnis

Full Text:

PDF

References


Fox, Stephen ,1993, Seri Bisnis Baron, Membeli dan Menjual Bisnis and Franchise,

PT. Elex Media Komputindo,Jakarta

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program SPSS.

Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gyrna, James F., Roger D, Blackwel, Paul W.Miniard, 1994, Customer Behaviour,

Eight Edition, Orlando, The Dryden Press

Hasibuan, M.S.P, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keenam,

Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Hair F Joseph, Money Arthur H,samouel Philip, Page Mike. 2007. Research

Methodes for Business. Jhon Wiley & Sons Lt.

Kotler,Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta

Longchecker, Justin G,Carlos W.Moore and J.William, Kewirausahaan,2001,

Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Lukas Setia Atmaja, 1999, Manajemen Keuangan, Andi Offset, Yogyakarta

Mendelshon, Martin, 1997, Franchising; Petunjuk Praktis Bagi Franchisor dan

Franchisee,Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta

Sarwono, Jonathan., & Martadiredja, Tutty. (2008), Riset Bisnis Untuk Pengambilan

Keputusan. Andi, Yogyakarta.

Sherman, Andrew J,2004, Franchising and Licensing, AMACOM, New York, USA

Simamora, Henry, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN,

Yogyakarta

Sugiyono,2003 , Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung

Singgih Santoso,2014, Statistik NonParametrik Edisi Revisi, PT. Elex Media

Komputindo Kelompok PT. Gramedia, Jakarta. 121140336. ISBN:

Thomas, Dave and Seid, Michael, 2000, Franchising For Dummies, Hungry Minds,

New York

Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran Edisi 2 Yogyakarta

Tunggal, Imam Sjahputra, 2004, Franchising Konsep & Kasus, Harvarindo, Jakarta

Widjaja, Gunawan,2001, Seri Hukum Bisnis Waralaba, PT. Raja Grafindo Persada,

Jakarta

Widjaja, Gunawan,2002, Lisensei atau Waralaba Suatu Panduan Praktis, PT. Raja

Grafindo Persada, Jakarta

Wiratmo Masykur,1995,Pengantar Kewiraswastaan Kerangka Dasar Memasuki

Dunia Bisnis,Edisi Pertama BPFE,Jogyakarta

Zeithmal, Valari, A. Parasuraman A. and Berry, Leonard. 1990. Delivering Quality

Service Balancing Customer Perception and Expectation. New York: The

Free Press

Sumber Lainnya

Bisnis Indonesia, September 2003, Suplemen khusus Waralaba

Bronson, James W, Faircloth, Jame B and Chacko,Jacob M,2003 Toward a Strategic

Model of the Franchise Form of Business Organization, University of North

Dakota. www.badlands nodak.edu

Cantor, Arthur I and Peter J. Klarfeld, 1998, Franchising , The National Law

Journal, Monday,February 16,1998, The New York Law publishing

Company

Harif, Mohd A.Azhar,, 2003 , New Practical Framework or Keuangan Planning

Process in Developing A New Franchise Sistem : An action research study in

Malaysia, www.univie.ac.at/EMNET

http://education.yahoo.com/

http://www.businessaccess.vic.gov.au

Kaufman, Pat, Stanworth and Purdy , The Blenheim/ University of Westminster

Franchise Survey ; A Comparison of U.K. and U.S. Data, International

Franchise Research Centre, Special Studies Series No.5, March

,Published By University of Westminster Press ISBN 1 85919 0413




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v14i2.416