PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PRAKTIKUM AKUNTANSI DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI ALA PERMAINAN HOLLY-WOOD SQUARES

Mariati .

Abstract


ge-newline"> Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pelaksanaan
strategi peninjauan kembali ala permainan Holly-Wood Squares yang diterapkan
dalam proses pembelajaran praktikum akuntansi. Strategi ini diterapkan dalam mata
kuliah praktikum akuntansi karena masalah hasil belajar yang diperoleh oleh
mahasiswa pada saat mata kuliah dasar yaitu akuntansi keuangan dasar I dan
akuntansi keuangan dasar II masih sangat rendah yaitu 68% bernilai C dari total
jumlah mahaswa program studi akuntansi yang berjumlah 242 orang. Strategi
pembelajaran peninjauan kembali ala permainan Holly-Wood Squares dianggap
mampu meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa terhadap materi Praktikum
akuntansi, dengan kasus, konsep dalil, dan aspek teknis yang didasarkan pada kasus
perusahaan jasa dan dagang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Semester III
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU yang berjumlah sekitar 242
orang yang terdiri atas 6 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini hanya
satu kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 40 orang. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini setelah melakukan dua siklus dan empat kali pertemuan menunjukkan
prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Sedangkan
minat, keaktifan dan kerjasama mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan rentangan 1 4 hasilnya baik. Skor tersebut merupakan rerata dari seluruh aspek yang diamati pada dua siklus.

Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Akuntansi, Bisnis

Full Text:

PDF

References


Anisykurlillah, Indah. (2011). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Terhadap

Prosedur Dan Bukti Audit Dengan Strategi Peninjauan Kembali Ala Permainan Holly-Wood Squares. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Asnida, Selma, Zarinah, S; Katrie & W.S Chiong. (2006). Pembelajaran Kooperatif Yang Berkesan. Tersedia pada http:// www.geocities.com/gerdner028/ilmiahl.htm. Diakses pada tanggal 20 Juni 2012.

B.Bennett, C. Rolheiser-Bennett, L.Stevann (1991). Cooperative Learing Where

Heart Meets Mind. Tersedia pada http:// www.geocities.com/ Cooperative

Learing/ilmiahl.htm. Diakses pada tanggal 29 Juni 2012. Johnson, & Johnson, R.T (1991). Learrning together and alone : Cooperative, Competitive, and individualistic learning (3rd Ed.). Upper Saddle river, NJ: Prentice-Hall.

LP3-ITB. 2003. Ketrampilan Belajar. Tersedia pada http://

www.itb.co.id/lp3/ketrampilan belajar.htm. Diakses pada tanggal 25 Juni 2012.

Silberman, Melvin. 2006. Active Learning. Penerbit Nusa Media. Bandung.

Slavin, R. (1990) Cooperative Learning : Theory, Research ang Practice.

Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v14i2.418