PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVES TERHADAP PROSES KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI ARGO WISATA DAN WANA WISATA DI SUMATERA UTARA

Fajar Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Patronage Buying
Motives yang terdiri atas lokasi, suasana, fasilitas, harga, dan kualitas pelayanan karyawan/personel terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung ke Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Selain itu, untuk mengetahui pula skala prioritas pengelolaan terhadap Patronage Buying Motives. Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey. Populasi penelitian adalah wisatawan yang berkunjung ke Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Teknik sampling yang digunakan adalah judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan metode multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patronage buying motives berpengaruh terhadap proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Sedangkan urutan pengaruh unsur-unsur Patronage Buying Motives terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung adalah lokasi, suasana, kualitas pelayanan karyawan/personel, harga, dan fasilitas. Urutan ini menunjukkan pula skala prioritas pengelolaan terhadap unsur-unsur patronage
buying motives.


Keywords


Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, patronage buying motives, proses keputusan wisatawan

Full Text:

PDF

References


Daniel, Wayne W., 1990, Applied Nonparametric. Second Edition. Boston

Massachusetts : PWS-KENT Publishing Company.

Djalaludin Rachmat 2000, Metode Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Kelima, Jakarta :

Media Pustaka,

Edi Sensudi, 1997, Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Prosiding Pelatihan

dan Lokakarya), Bandung : ITB.

Gujarati, Damodar N., 2003, Basic Econometrics. Fourth Edition. New York :

McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v9i2.457