Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 2015 2018

Edisah Putra Nainggolan, Ikhsan Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Bank Pemerintah yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yakni penelitian yang berupaya untuk mengkaji dan menjelaskan bagaimana suatu variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Bank pemerintah sebanyak 4 perusahaan, periode 5 tahun pengamatan dari tahun 2015-2018 dengan menggunakan laporan keuangan per triwulan, sehingga total sampel sebanyak 60 pengamatan pengumpulan data pada penelitian ini yaitu denagan menggunakan data dokumentasi dengan jenis dan sumber data kuantitatif yang di peroleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa dana pihak ketiga berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), Likuiditas berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA). Tetapi secara simultan dana pihak ketiga dan Liquiditas berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).

Keywords


Profitabilitas, Likuiditas, Dana Pihak Ketiga

Full Text:

PDF

References


Azuar juliandi, dkk, 2015. Metode penelitian bisnis. Medan : UMSU Pres

Anggi Widantika.(2015). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perbankan BUMN DI INDONESIA Periide 2008-2015.Universitas Bandar Lampung.Skripsi.

Ariani.(2017). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Terhadap Penyaluran Kredit pada PT Bank Sumut Cabang Iskandar Muda.Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Skripsi.

Anis Fadhila(2017) Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas perusahaan pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2016

Abdul Haris (2018) Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Penyaluran Kredit Terhadap Profitabilitas pada Bank Milik Pemerintah yang Terdaftar diBursa Efek Indonesia. Skripsi 2018.

Arfan Ikhsan, dkk (2018). Analisa Laporan Keuangan, Jilit ke dua. Medan : Madenatera

Dendawijaya,Lukman. (2009). Manajemen Perbankan, Ciawi-Bogor :PT.Ghalia Indonesia

Fahmi,Irham. (2014). Bank & Lembaga Keuangan Lainya Teori dan Aplikasi,Bandung : Alfabeta.

Fauzia (2014) Pengaruh Dana Pihak ketiga, Non Performing Loan ,dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional terhadap Profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia

Husaeni Ahmad Uus. (2017). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset BPRS Di Indonesia.Universitas Kancana,Cianjur Jawa Barat.Vol.5.No.1.Jurnal.

Ismail. (2010). Akuntansi Bank Teori dan Aplikasinya dalam Rupiah, Jakarta : Prenadamedia Group.

I Putu Eka Saputra, Wayan Cipta, Ninyoman Yulianthini.(2014). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Penyaluran Kredit, dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kareng Asem. Universitas Pendidikan Ganesha.Jurnal

Kasmir. (2015). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta :Rajawali Pers.

Lestari yogi Riawati.(2013). Pengaruh Penyaluran Kredit dan Rasio Biaya Operasional Pendapatan Operasional. Universitas Komputer Indonesia.Jurnal.

Margarehta, Farah dan Setiyaningrum, Diana.2011.Pengaruh Resiko,Kualitas Manajemen,Ukuran dan Likuiditas Bank Terhadap capital adequacy ratio Bank bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Vol.13.No.1.Jurnal Akuntansi Keuangan.

Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta : Salemba Empat.

Syafridah Hani (2015) Tehnik Analisa Laporan keuangan. Umsu Press

Wiagustini, Ni luh Putu.(2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar:

Udayana University Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v19i2.4601