Studi Kasus Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Kepercayaan Diri Remaja

Rully Andi Yaksa, Feby Kurnia Wijaya, Eggy Coerla Baseka, Ade Indah Sari, Sanuryati Sitompul

Abstract


Keluarga merupakan pendidikan awal yang diterima oleh anak sehingga memiliki dampak yang besar dalam tumbuh kembang anak. Perceraian akan memberi dampak yang negative terhadap perkembangan anak yang menimbulkan perubahan sikap anak sehingga anak cenderung diam, tidak termotivasi dan tidak percaya diri hingga melakukan perbuatan yang mengundang perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari perceraian terhadap kepercayaan diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu: 1) Pemberian edukasi kepada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan diperlukan. 2) Perceraian dapat memberi dampak negative terhadap perkembangan psikologis anak terutama kepercayaan diri anak. 3) Kepercayaan diri remaja dampak perceraian dapat dipengaruhi oleh beberapa factor seperti respon lingkungan, pola pikir, dukungan emosional, keyakinan akan diri, dan pemenuhan tanggung jawab orangtua. 4) Orangtua tetap harus menunaikan kewajiban dan tanggung jawabnya dalam memberi perhatian dan kasih sayang terhadap anak meskipun telah bercerai.


Keywords


perceraian, kepercayaan diri, dampak, remaja

References


Mone, H. F. (2019). Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155-163.

Jenz, F., & Apsari, N. C. (2021). Dampak perceraian orang tua pada prestasi anak remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 1-10.

Indriani, D., Haslan, M. M., & Zubair, M. (2018). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1).

Tristanto, A. (2020). Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ilmu Sosial. Sosio Informa, 6(3), 292-304.

Anggraeni, L. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FPIPS, 10(2).

Nuraini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA: lNformasi dan Ekspose hasil Riset teknik SIpil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.

Mawadah, N. Y. (2020). Pendekatan Model Rational Emotif Therapy Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Remaja Terdampak Perceraian Di SMK Islam Bustanul Ulum Kecamatan Pekusari Kabupaten JEMBER (Doctoral dissertation, IAIN Jember).

Yusparini, Y. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Korban Perceraian Di Desa Sampaga Kabupaten Mamuju (Perspektif Bimbingan Dan Konseling Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Palu).




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i2.10363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id