EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA TEBING TINGGI

Sri Herawati

Abstract


Fokus penelitian ini adalah efektifas musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri kota Tebing Tinggi Rayon SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan kuantitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas MGMP di SMPN 1 Tebing Tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilaksanakan melalui forum diskusi, pelatihan, workshop dan seminar serta penguatan komitmen kerja melalui proses pembinaan, kordinasi dan pengendalian kepala semua anggota MGMP yang dilaksanakan terjadwal dan terprogram. Peningkatan kompetensi profesional ditunjukkan dengan mengembangkan program layanan akademik yang berkaitan dengan pembelajaran yang efektif; mengembangkan kurikulum, silabus dan melakukan analisis materi pelajaran, program tahunan, program semester, rencana pelajaran (RPP), dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan modifikasi kurikulum merdeka belajar dengan memasukan pendidikan karakter bangsa. serta merumuskan model pembelajaran yang variatif dan alat-alat peraga praktik pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh MGMP SMPN Negeri 1 Tebing Tinggi terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal.

Keywords


Musyawarah Guru, Kompetensi Profesional

References


A Amini, S Kesumawaty, S Aktar. 2021. Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. T. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2022

Akrim, E Sulasmi. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengahdantinggi.https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=IIj011wAAAAJ&citation_for_view=IIj011wAAAAJ:d1gkVwhDpl0C. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2022

Amini. Mega pati, dan Akrim. 2021. ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 13 BINJAI. Jurnal guru kita. file:///C:/Users/hp/Downloads/28991-67627-1-PB%20(1).pdf diakses pada tanggal 14 oktober 2022

Arif, M. MANAJEMEN MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU (2013). MANAJEMEN MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Epistem: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 415-438. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438 diakses pada tanggal 14 oktober 2022

Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (2th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc

Daryanto. 2013. Guru Profesional. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

E Sulasmi, MB Sibuea, P Eriska. 2020. Kumpulan Buku Dosen. E AirLangga . file:///C:/Users/hp/Downloads/591-Article%20Text-1601-1-10-20201206.pdf diakses pada tanggal 14 oktober 2022

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

E.Mulyasa. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta

Surya. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syaifullah. 2008. Ilmu Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf diakses pada tanggal 14 Oktober 2022

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf diakses pada tangal 14 oktober 2022




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id