EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM TEBING TINGGI DELI)

Faridah Ariani, Akrim Akrim, Emilda Sulasmi

Abstract


Pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk sekolah/perguruan tinggi di liburkan beberapa waktu namun siswa/mahasiswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa bulan ini guru/dosen harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa/mahasiswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 105 mahasiswa, 91 mahasiswa (87%) menyatakan bahwa pembelajaran daring di STAI Tebing Tinggi Deli telah direncanakan dengan baik sehingga hasilnya efektif, sedangkan 14 mahasiswa (13%) menyatakan belum puas. Sebanyak 97 mahasiswa (92%) menyatakan puas terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang diberikan dosen, sedangkan sebanyak 8 mahasiswa (8%) menyatakan tidak puas. Sebanyak 90 mahasiswa (86%) menyatakan puas terhadap pengendalian atau monitoring pembelajaran daring, sedangkan sebanyak 15 orang (14%) menyetakan tidak puas. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa Perencanaan pembelajaran daring telah dikelola secara baik dengan melibatkan semua pihak dikampus, yakni direktur, program studi dan dosen, dan tenaga administrasi.Pelaksanaannya dengan cara yakni melalui website kampus, google classroom dan zoom, pembelajaran daring yang dilakukan adalah dengan cara dosen menerangkan materi melalui Web kampus, Google Classroom, dan Zoom, kemudian mahasiswa mengerjakan tugas yang ada di Google Classroom atau Google Form.Dosen menjadi kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan sistem evaluasi serta media pembelajaran.Mahasiswa mampu mengelola waktu secara mandiri meski belajar secara daring maupun belajar mandiri di rumah, lebih banyak bekerja dengan membuat tugas dan proyek.Mahasiswa lebih terdorong untuk kreatif dan berinovasi dalam mempresentasikan tugas


Keywords


MANAJEMEN, PANDEMI COVID 19

References


Akrim 2018. Media Elearning in Digital Era. 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management

Griffiths M. Video Games and Health. British Medical Journal. 2005;331:122.

Hammond, L., Zielezinski, M.B., & Goldman, S. 2014. Using Technology to Support At-Risk Students Learning. USA: SCOPE (standford center for opportunity policy in education).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Panjiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati, 1-8.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2020. Surat Edaran Pemerintah Nomor 4.Tahun 2020.

Khusniyah, N., L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 17(1), 19-33. Tersedia pada: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatqif. Diakses 12 Mei 2020.

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition.

Neo, R.. et l. (2011). Fundamentals of Human Resources Management. 4th Edition. New York : McGraw-Hill

Prasetia, I., Akrim., Pratiwi, S.N. 2020. Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 3, No 4, November 2020

Retzlaff-Frst, C. 2016. Biology Education & Health Education: A School Garden as a Location of Learning & Well-being. Universal Journal of Educational Research. Volume 4, Number 8. pp.1848-1857

Sugiyono 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id