EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN (STUDI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEBING TINGGI)

Remi Remi, Indra Prasetia, Amini Amini

Abstract


Fokus penelitian ini yakni manajemen pembelajaran daring berbasis Web yang ada di sekolah dan terhadap hasil belajar siswa di MAN Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campurana. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan aspek perencanaan, menunjukan perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan melibatkan semua guru. Kepala sekolah dan wakil kepala berfungsi sebagai penanggung jawab dalam perencanaan dan mengontrol jalannya pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi dilakukan dengan menggunakan E-learning, dan dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara fleksibel. Mengingat sekolah belum dapat melakukan tatap muka secara umum, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat diberbagai tempat, namun bagi guru tetap berada dilingkungan sekolah. Dalam penilaian atau evaluasi, bahwa pengontrolan pembelajaran daring dapat telaksana dengan baik, namun juga tidak menutup kemungkinan terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dibatasi oleh pembelajaran yang tidak mempertemukan guru dan siswa secara tatap muka. Sehingga guru kesulitan dalam mengontrol pembelajaran siswa. Tidak hanya itu, bahkan guru beranggapan bahwa ketika murid sudah membaca tugas yang diberikan dan telah membalas tugas tersebut, maka di anggap bahwa siswa telah memahami pembelajaran tersebut. Selain itu bahwa berdasarkan persepsi siswa bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa, yakni sebesar 9,8%. Meskipun nilai pengaruhnya dalam kriteria rendah.


Keywords


MANAJEMEN, PANDEMI COVID 19, MUTU PEMBELAJARAN

References


Adi, Windy Rizky. 2011. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan terhadap Disiplin Kerja Karyawan Kusuma Agrowisata Hotel Batu. Universitas Negeri Malang: Malang.

Aini, N., Fatmaningrum, W., & Yusuf, A. (2011). Upaya Meningkatkan Perilaku Pasien Dalam Tatalaksana Diabetes Mellitus Dengan Pendekatan Teori Model Behavioral System Dorothy E. Johnson. Jurnal Ners, 6(1), 110. Retrieved from http://210.57.222.46/index.php/JN/article/view/579/579

Akrim 2018. Media Elearning in Digital Era. 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dahuri, R. 2004. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara. Terpadu. 2004. PT Pradnya Paramitha. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Teropong Pendidikan Kita. Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.

--------. 2007. Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf InternasionalpadaJenjangPendidikanDasardanMenengah.Jakarta: Departemen PendidikanNasional. 2008 from: http://www.ucalgary.ca/srmccaus/eLearning_Survey.pdf

Ibrahim dan Suardiman. 2014. Pengaruh Penggunaan E-LearningTerhadap Motivasi danPrestasi Belajar MatematikaSiswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia.Diakses pada 18 Juni 2015 (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/viewFile/2645/2200)

Khusniyah, N., L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 17(1), 19-33. Tersedia pada: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatqif. Diakses 12 Mei 2020.

Mardiasmo. (2017). Perpajakan. Yogyakarta: Andi

Maulana, Hutomo Atman. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan 8, no.2. 2020.

Rosenberg, Marc J. 2000. The E-Learning Readiness Survey. Retrieved 24 January

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf Hadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id