EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 4 KOTA TEBING TINGGI

Syamsidar Syamsidar

Abstract


Efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dimana Proses belajar mengajar dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekkannya. Hasil penelitian bahwa Implementasi pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi ada kemudahan atau kelebihan dimana menjadi kelebihan yakni Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, guru dan siswa dapat menambah pengetahuannya mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, guru dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri dan kesadaran siswa untuk belajar, serta siswa dapat memanfaatkan berbagai fitur belajar online, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam diantaranya penggunaan media daring memerlukan biaya yang besar, kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya aktivitas pembelajaran, kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi siswa, motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua siswa tidak melakukan control siswa belajar dirumah secara intensif, dan berkurangnya bimbingan dan interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa.

Keywords


Efektifitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19

References


Akrim, Mr. (2018). Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127

Aurora, A., & Effendi, H. (2020).Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 1116

Daheri, M., Juliana, & Amda, AD., (2020), Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring.Jurnal Basicedu, Vol 4 No 4.

Darsono, (2000). Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Press.

Dimyati.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.

Hamalik, Oemar. (2001), Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hernawan, Herry, Asep,.(2009). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 121

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dirjen Dikti- Depdikbud

Sudjana, Nana, (1998), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Supardi.(2013). Sekolah Efektif.Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id