PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DALAM PENGGUNAAN HP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 15 MEDAN

Rina Suryani, johana rirista tondang, Ruth Marisa, Oktaviani Simatupang, Yohana Simanullang

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Kedisplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif dianggap tepat untuk kajian penelitian karena fokus masalah ini mengungkapkan Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 15 Medan. Adapun pengertian dari pendekatan deskriptif ialah suatu pendekatan penelitian yang mencoba dalam mengungkapkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data atau memberikan informasi dari lapangan melalui cara mendeskriptifkannya dalam bentuk uraian kalimat yang sudah disusun secara sistematis oleh peneliti sesuai dengan fakta yang terdapat dilapangan selama penelitian dilakukan. Pengaruh Kedisplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 15 Medan, Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang displin dalam menggunakan hp diruangan kelas, dan hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa disekolah.

Kata kunci: Kedisiplin siswa, Smartphone, Hasil belajar


References


Daftar Pustaka

Mayasari, H. 2012. Analisis Perlikau Pembelian Ponsel Cerdas (Smartphone): Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumen Di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 3 (1): hal. 97-98.

Istifadah, Rahma. (2018). Dampak Pengguanaan Handphone terhadap Perilaku Peserta Didik di SMA Piri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Lampung: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegururan UIN Raden Intan.

Zulamri (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19-36.

Ernawati, I. (2006). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 1 No. 1.

Sulastri, dkk. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(1), 90-103.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i1.12632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id