COGNITIVE BEHAVIORAL GROUP COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA

Dinda Pematasari Harahap

Abstract


Penelitian ini menggunakan modul konseling kelompok berbasis pendekatan kognitif perilaku untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konseling kelompok pendekatan kognitif perilaku dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi one group pretest posttest design. Subjek penelitian berjumlah 9 orang siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah hingga sedang. Analisis data menggunakan statistik nonparametric dengan Wilcoxon Signed Rank Test Hasil pengujian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anggota  pada pretest lebih rendah ( M= 71,88, SD = 22,23) daripada saat posttest (M = 94,11, SD = 11,67). Adapun nilai Z yang didapat sebesar -2,668 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,008 di mana kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dengan demikian hasil ini menunjukkan bahwa perbedaan skor skala percaya diri pada saat sebelum dan sesudah intervensi adalah signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa percaya diri pada diri siswa.

Keywords


Kepercayaan diri; konseling kelompok; kognitif perilaku; remaja



DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i1.13039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id