LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI AKIBAT BULLYING DI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI
Abstract
Artikel ini berisi tentang layanan konseling individual dengan metode konseling direktif dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying. Penelitian ini bertujuan mengetahui layanan konseling individu dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Kepercayaan diri adalah kemampuan seseorang dalam meyakinkan dirinya untuk mempercayai potensi yang dimiliki. Layanan Konseling individu adalah pemberian layanan secara tatap muka dengan tujuan pengarahan diri untuk menyelesaikan tugas perkembangan atau penyelesaian masalah yang sedang dialaminya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dokumentasi yang dapat memperoleh gambaran secara umum mengenai upaya layanan konseling individu dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amnar Saputra, T., Al-Hilal Sigli, P., & Bimbingan dan Konseling SMK Negeri, G. (2022). Konseling Individual untuk meningkatkan konsep diri korban Bullying di Sekolah. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 156–167. https://doi.org/10.32923/COUNS.V2I02.2818
DetikJatim.(2022,23November).PolisiSelidikiKasusSiswaSDKorbanBullyKakakKelasdiMalang.Diakses pada 17 Januari 2023,dari https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6423226/polisi-selidiki-kasus-siswa-sd-korban-bully-kakak-kelas-di-malang
Habibah, S. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(3), 196.
Hindayah, Y., SW, B., & Rosita, T. (2018). Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(1), 37. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.69
Husni, M., & Kunci, K. (n.d.). Layanan Konseling Individual Remaja; Pendekatan Behaviorisme.
Kiswantoro, A. (2015). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Life Model Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Persinas Asad Kabupaten Kudus Tahun 2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.402
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Susilawati. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behavior Therapy. Jurnal Global Edukasi, 5(1), 565–572. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/160
Oktavia, R., & Dewi, S. F. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 7 Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 81–86. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.482
Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell - Google Buku. (n.d.). Retrieved January 16, 2023, from https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Sukawati, A., Abdul Muiz, D. L., & Ganda, N. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Fenomena Bullying Berkelompok di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 8(2), 354–363. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Susilawati. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behavior Therapy. Jurnal Global Edukasi, 5(1), 565–572. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/160
Yuliani, N. (2013). Fenomena bullying di sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, a(1), 1689–1699. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jag.2018.07.004%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41598-018-25369-w%0Ahttps://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Husni, M., & Kunci, K. (n.d.). Layanan Konseling Individual Remaja; Pendekatan Behaviorisme.
Kiswantoro, A. (2015). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Life Model Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Persinas Asad Kabupaten Kudus Tahun 2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.402
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Susilawati. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behavior Therapy. Jurnal Global Edukasi, 5(1), 565–572. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/160
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id