PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TUNGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Sanny Grace Sinambela, Yulianti Yulianti, Nelyahardi Gutji

Abstract


Pendidikan adalah usaha yang dilakukan oleh guru terhadap siswa untuk mewujudkan tercapainya perubahan sikap, kemampuan, kebiasaan, emosional, dan spiritual. Manusia akan memperoleh informasi melalui pendidikan, sehingga dapat mengenali dan memaksimalkan potensi dirinya. Keterlibatan orang tua meningkatkan hasil belajar anak sangatlah penting, tanpa dukungan dan stimulasi orang tua, hasil belajar anak akan menemui kesulitan dan memburuk. Jenis penelitian ini merupakan analisis regresi yang berarti penelitian untuk menghitung besaran pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi yang memiliki keluarga orang tua tunggal dan memiliki nilai belajar yang rendah yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Perhatian Orangtua Tunggal didapatkan persentase secara keseluruhan yaitu sebesar 59% dengan hasil tersebut menggambarkan bahwa kualitas perhatian orangtua tunggal pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi sedang. Hasil belajar 27 responden, didapatkan bahwa hasil belajar memiliki nilai persentase sebesar 80,14% dengan kriteria tafsiran persentase berada pada kualitas baik. Hasil dari pengolahan SPSS 23 diperoleh nilai signifikansi 0,000 0,005 maka dapat disimpulkan variabel perhatian orangtua tunggal (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y). Kemudian nilai pengaruh diperoleh melalui nilai R Square sebesar 0,204 yang dipersentasikan menjadi 20,4%1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Perhatian Orangtua Tunggal berada pada kualitas “Sedang” dengan persentase sebesar 59 2. Kualitas Hasil Belajar berada pada klasifikasi “Baik” dengan persentase sebesar 80,14%. 3. Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,204 dengan tafsiran pengaruh parsial mengunakan determinasi berada pada kriteria “Cukup Kuat”. Dengan demikian, variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,204 atau dengan persentasi 20,4 %.

Keywords


Perhatian Orangtua Tunggal, Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id