PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA N 10 KOTA JAMBI

Akbir Wira Yudha, Yulianti Yulianti, Nelyahardi Gutji

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda memulai atau mengentaskan kegiatan dalam lingkungan akademik. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prokrastinasi akademik, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial merupakan suatu bentuk ketergantungan atau keterikatan dalam menggunakan media sosial. Media sosial yang dibahas pada penelitian ini dibatasi pada media sosial tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA N 10 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi sebanyak 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 53 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket penggunaan media sosial tiktok dan angket prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecanduan gadget siswa berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 59,27%, dan prokrastinasi akademik berada pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 68,13%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikansi 0,025< 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 2,316 > 1,674 yang berarti hipotesis penelitian terbukti kebenarannya yaitu terdapat pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi.

Keywords


Prokrastinasi Akademik; Penggunaan Media Sosial Tiktok

References


Agustiah., D.,Dkk (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prilaku Belajar Siswa. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 4, No. 2, November 2020.

Asri,.D,N. (2018). Prokrastinasi Akademik : Teori Dan Riset Dalam Perpektif pembelajaran berbasis Proses Dan Self-Regulated Learning. JI. Setiabudi No. 85 Madiun Jawa Timur: UNIPMA PRESS.

Azizah.,N.& Kardiyem. Pengaruh Perfeksionisme, Komformitas, dan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Academic Hardines Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal.

Demmy ,D.&F.Qorib (2018) Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tiktok, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 7, No. 2 (2018)

Harahap., S,A..,Dkk (2022). Belajar dan Pembelajaran.CV Tahta Media Group.

Jannah.,M. Muis,.T. Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA. Volume 04 Nomor 03 Tahun (2014), 1-8.

Khairuni.,N.(2016).Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak, Jurnal Edukasi, Vol 2 No 1 Januari

Liany., A., Dkk (2016). Social Media Deviation. Surabaya : CV. Garuda Mas Sejahtera.

Marini.,R. Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah ,Skripsi 2019.

McCloskey, J.D. 2011. Academic Procrastination. Thesis: The University of Texas at Arlington

Neidi.,A.W. (2019). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Meia Sosial dan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Acta Psychologia, Volume 1 Nomor 2, 2019, Halaman 97-105.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi .

Noval.,A.,& Damajanti,K.D (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menyelesaikan Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA Volume 7 Nomor 9.

Nur, G.& R. Risnawati. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz.. Rahmadia.,S.,DKK (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Minat

Belajar Siswa Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan konseling. Jurnal Pendidikan Dan konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022

Rahman,. A.A.Pengaruh Intensitas Media Sosila Terhadap Sikap Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum Melalui Intagram Millencyrus.Skripsi 2019:24.

Rahmawati,. A.Y. Pengaruh Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Narsisme Remaja Muslim Komunitas Muser Joga Squad, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Skripsi 2019.

Rahmawati,S. (2018). Fenomena Pengguna Aplikasi TikTok di Kalangan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung, Institutional Repositories & Scientific Journals.

Sari,. D.P. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di Smp N 3 Kecematan Payakumbuh, Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukit Tinggi. Skripsi 2020.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Suparwi.,S. (2019). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Sel Of Control dan Perbedaan Gender Pada Mahasiswa IAIN Salatiga Tahun 2019. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sutja, A. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Triyono.,& M.E.Rifai (2018). Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Diponegoro: CV Sindunata.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id