PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP INTENSITAS PPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Rosita Dewi, Yulianti Yulianti, K.A Rahman Rahman

Abstract


Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan hal-hal yang diperlukan untuk mempertahankan hidup manusia. Media sosial merupakan media yang berbasis online yang dapat digunakan untuk berpartisipasi, berbagi serta dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna lainnya. Salah satu media sosial yang sangat populer yang digemari semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua ialah media sosial Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi buatan China yang dibuat oleh perusahaan ByteDance yang diluncurkan pada bulan September 2016. Remaja yang terlalu intens dalam penggunaan media sosial tiktok dapat membawa dampak buruk pada kehidupan sehari-harinya dari cara berpikirnya maupun tingkah lakunya serta kepribadian anak tersebut.

Jenis penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menekan pada aspek secara objektif terhadap fenomena sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Expost-facto. Pada penelitian ini data yang terkumpul merupakan data dari siswa kelas VIII yang memenuhi kriteria yang sudah dijelaskan sebelumnya sehingga sampel sebanyak 85 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat kontrol diri yang diberikan dengan presentase 58,44% yang berada pada klasifikasi tingkat sedang, tingkat intensitas penggunaan media sosial tiktok pada siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi berada pada tingkat sedang dengan presentase 51,69% hal ini perlu diwaspadai, determinasi berada pada angka 0,227 atau 22,7%. Kriteria menemukan pengaruh determinasi 0,227 atau 22,7 % berada pada kategori cukup kuat (0,17 – 0,49) maka penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kontrol diri (X) terhadap variabel intensitas penggunaan media sosial tiktok (Y).
Kata Kunci : Intensitas penggunaan Tiktok, pengendalian diri, remaja


Keywords


Intensitas penggunaan media sosial tiktok, kontrol diri, remaja

References


Bimbingan dan Konseling




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id