EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI

Annisa Rambe, Ahmad Syarqawi

Abstract


Pelaksanaan riset ini untuk memahami apakah kecemasan berkomunikasi murid SMA Negeri 4 Tebing Tinggi dapat dikurangi melalui konseling individu dengan pendekatan cognitive behavioral therapy. Penelitian kuantitatif dilakukan pada riset menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Sebanyak 32 siswa dari kelas XI Ips 3 SMA negeri 4 Tebing Tinggi berpartisipasi dalam peneliian ini. Peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan hasil dari sepuluh sampel: kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Pengujian t sampel berpasangan (Paired Sample T Test) dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil perhitungan angket terdapat 5 murid dalam kategori eksperimen dan 5 murid dalam kategori kontrol yang memiliki kecemasan berkomunikasi. Kelompok eksperimen kemudian diberi sesi konseling satu-satu dengan cognitive behavioral therapy, dan mengambil posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan kecemasan berkomunikasi bernilai rerata sebanyak 34.3 dalam kelompok eksperimen dan 33.4 pada kelompok kontrol. Hal tersebut bersamaan terhadap hasil pengujian t didapatkan t hitung 7.209 sedangkan t tabel 2.776. Ha ada penerimaan sedangkan Ho ada penolakan. Hal tersebut menandakan yaitu konseling individu dengan pendekatan cognitive behavioral therapy secara signifikan menurunkan kecemasan berkomunikasi siswa.

 

 

 


Keywords


Kata Kunci : Layanan Konseling Individu CBT; Kecemasan Berkomunikasi Siswa

References


Adawiyah, B. Al, Suryani, I., & Syarqawi, A. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Individu dengan Teknik Operant Conditioning terhadap Penanggulangan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 1 di Serdang. Jurnal Al-Mursyid,Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–16. http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1344

Airunnisah, N., Ratnasari, D., & Mulyadi (2019). Efektivitas layanan konseling kelompok untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMK Islam Wijaya Kusuma. Teraputik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 134–140. https://doi.org/10.26539/teraputik.23114

Amali, B. A. (2020). Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306

Aswida, W., Marjohan, ., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.24036/0201212697-0-00

Bantjes, J., Kazdin, A. E., Cuijpers, P., Breet, E., Dunn-Coetzee, M., Davids, C., Stein, D. J., & Kessler, R. C. (2021). A web-based group cognitive behavioral therapy intervention for symptoms of anxiety and depression among university students: Open-label, pragmatic trial. JMIR Mental Health, 8(5), 1–16. https://doi.org/10.2196/27400

Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Dewaele, Jean-Marc; Petrides, K.V.; and Furnham, A. (2008). BIROn - Birkbeck Institutional Research Online intelligence and sociobiographical variables on communicative anxiety and foreign language anxiety among adult multilinguals : A review and. Language Learning, 58(4), 911–960. https://core.ac.uk/download/pdf/6468.pdf

Fadoli, R. S., & Karneli, Y. (2021). Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Terhapap Siswa Di Sman 3 Batusangkar. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 172. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.172-177

Fauzi, T. (2020). The effectiveness of behavioral counseling to reduce student learning anxiety. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.25217/igcj.v3i2.939

Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–73. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1635

Fitriani, F., & Safithry, E. A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 22–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.502

Gibson,R L; Mitchell, M. H. 2011. (2011). Bimbingan dan Konseling (Edisi Ketujuh). Pustaka Belajar.

Gugun, G. N. (2022). Komunikasi interperrsonal konselor dalam meningkatkan kepercayaan diri konseli lintas gender di lembaga permasyarakatan (lapas) kelas iia kota bogor. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(June), 25–38. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v11i1.5125

Ilyas, A., & . M. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Konselor, 2(1), 273–278. https://doi.org/10.24036/02013211203-0-00

Kholisin, K. (2014). Kecemasan Berbicara Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 77. https://doi.org/10.21580/jid.v34i1.65

Prayitno. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK Satuan Pendidikan.

Rahmawati, F. E. (2014). The Application Of Therapy NLP (Neuro Linguistic Programming) To Reduce Anxiety In Public Speaking In Front Of Class XI Senior High School 2 Pare. Jurnal BK UNESA, 04(03), 682. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/8804

Risma. (2018). the Afeevtiveness of Assertive Training Technique on Individual Counseling To Decrease Interpersonal Communication Anxiety of Student of Smp Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 2622–7355. https://doi.org/10.5281/zenodo.1342179

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Syafarudi, Ahmad Syarqawi, & Dina, N.A.S. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Telaah Konsep , Teori Dan Praktik. In Perdana Publishing.

Syaukani. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Perdana Publishing.

Umum, D. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi. 5(1). 2015.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.15118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id