PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA DI SMA N 4 TEBING TINGGI

Anggreini Ayu Lestari Br Sembiring, Ahmad Syarqawi

Abstract



Sikap jujur merupakan sebuah sikap positif yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sekarang ini banyak siswa yang berperilaku kurang jujur, seperti mengatakan apa yang tidak sebenarnya terjadi, memanipulasi informasi dan menyontek ketika ulangan sedang berlangsung. Peneliti sangat prihatin terhadap permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap jujur siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dan umum tentang bagaimana layanan bimbingan kelompok membantu individu dalam meningkatkan sikap jujur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposif (purposive sampling), dimana siswa yang dijadikan sampel adalah siswa dengan permasalahan yang sama. Melalui penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan, diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi bisa membantu meningkatkan sikap jujur siswa.


Keywords


Bimbingan Kelompok; teknik diskusi; jujur

References


Fadilah, Syifa Nur, ‘Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan’, Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3.2 (2019), 167

Fijriani, Fijriani, and Rediska Amaliawati, ‘Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa’, TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1.1 (2017), 24

Hidayah, A R., D. Hediyati, and S W. Setianingsih, ‘Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling’, Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1.1 (2018), 109–14

Huruun’ien KI , Efendi A, Tamrin G, ‘Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK )’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101.2 (2019), https://jurnal.uns.ac.id/jptk

Jailani, ani dkk, ‘PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA Ani Jailani 1 , Chaerul Rochman 2 , Dan Nina Nurmila 3’, Al-Tadzkiyyah, 10.2 (2019), 257–64

Konseling, Bimbingan, and Fakultas Keguruan, ‘ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/J_consilia’, 1.3 (2018)

Mirawati, ‘Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa Sma Budi Agung Medan’, Kognisi Jurnal, 3.1 (2018), 11–22

Nisa Safitri, Egi Destri, Heris Hendriana, and Riesa Rismawati Siddik, ‘Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sma Kelas Xi Pada Masa Pandemi Covid-19’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5.1 (2022), 9

Nova, Z T, N Nini, A A Afrizal, and ..., ‘Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di Mtsn’, … Irsyad: Jurnal Bimbingan …, 2020, 23–34

Puluhulawa, Meiske, Moh. Rizki Djibran, and Mohamad Rizal Pautina, ‘Layanan Bimbingan Kelompok Dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa’, Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 2017, 4–6

Putri, C. Ade, ‘Prosedur Kelompok Dalam Konseling’, Diktat, 2020, 4

Retnawati, Elva, ‘International Journal of Indonesian Education and Teaching’, International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3.1 (2019), 128–36

Safitri, Rini. "Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Prilaku Jujur Siswa Kelas X IK SMA Harapan Mekar Medan T.A 2020/2021." Medan: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2021

Sakinah, Ainun, ‘Konseling Kelompok Emotional Intellegence’, Al-Tazkiah, 7.1 (2018), 1–24

Situmorang, Parlindungan, and Arip Nurrahman, ‘Terpadu Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Smp Negeri 6 Kota Jambi Analysis of Student ’ S Honest Behavior Through Integrated Science Learning in Calor and Its Transfer in Smp Negeri 6 Kota Jambi’, Jurnal Nalar Pendidikan, 7.1 (2019), 75–78

Sugiyono, in Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, 2016

Sukardi, Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok, 2.1 (2019)

Syarqawi, Ahmad, Chindy Abdillah Asmi, Fitri Rambe Handayani, Jumli Harahap Sabria, and Khadijah Nasution Rahma, ‘Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Desa Stabat Lama’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (2022), 1349–58

Yasbiati, Yasbiati, Edi Hendri Mulyana, Taopik Rahman, and Qonita Qonita, ‘Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun Di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya’, Jurnal Pendidikan Anak, 8.2 (2019), 99–106




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.15120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id