MOTIVASI BELAJAR SISWA PANTI ASUHAN AISYIYAH SIDOARJO : STUDI KASUS PADA PANTI ASUHAN AISYIYAH SIDOARJO
Abstract
This study aims to determine the types of student motivation at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage, the factors that influence student learning motivation at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage, and the efforts made to increase student motivation. This research was conducted with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were 2 teachers, 3 students, and 1 caregiver at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage. The research results show that there is intrinsic and extrinsic motivation, the factors that influence student learning motivation are interest and lack of support facilities. Efforts are given to increase student motivation is to provide objective value, fulfillment of infrastructure facilities, and intensive assistance to students.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anni, C. T. (2006). Psikologi belajar. UPT. Unnes Press.
Arikunto, S. (2007). Manajemen penelitian. Rineka cipta. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendekatan_Multidi/MoI5EAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Arikunto%2C S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta%3A Rineka Cipta.&pg=PA28&printsec=frontcover
Arsyad, A. (2011). Media pembelajran. Rajawali pers. https://www.google.co.id/books/edition/Proceedings_of_the_4th_International_Con/WU6pEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Arsyad%2C Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta%3A Rajawali Pers.&pg=PA509&printsec=frontcover
Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta. https://www.google.co.id/books/edition/BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/wrszEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung%3A Alfabeta&pg=PT103&printsec=frontcover
Creswell, J. W. (2013). Research design, pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed edisi ketiga. Pustaka belajar. https://www.google.co.id/books/edition/TRANSFORMASI_EDUKASI_Mengoptimalisasi_Ki/qxPNEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Creswell%2C J. W. 2013. Research Design%2C Pendekatan Kualitatif%2C Kuantitatif%2C dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta%3A Pustaka Belajar.&pg=PA149
Dalyono. (2005). Psikologi pendidikan. Rineka cipta.
Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan remaja. Ghalia Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/ICONSEIR_2019/FE0qEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Dariyo%2C A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor%3A Ghalia Indonesia.&pg=PA375&printsec=frontcover
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Rineka cipta.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan konstektual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_PEMBELAJARAN_DARING_BERBASIS_PEND/s9bsDwAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Hosnan%2C M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor%3A Ghalia Indonesia.&pg=PA219&printsec=frontcover
Iskandar. (2008). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (kuantitatif dan kualitatif). GP press. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kualitatif/yXpmEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta%3A GP Press.&pg=PA92&printsec=frontcover
Kemdikbud, P. W. (2018). Sistem zonasi mempercepat pemerataan di sektor pendidikan. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-sistem-zonasi-mempercepat-pemerataan-di-sektor-pendidikan
Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. PT. Rosda karya. https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Pendidikan_Sekolah_Dasar_Sd/Y5mJEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung%3A PT Rosda Karya.&pg=PA172&printsec=frontcover
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis data kualitatif. UI-Press. https://www.google.co.id/books/edition/Kepemimpinan_Pembelajaran_Sekolah_Inklus/NyxmEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Miles%2C M. B.%2C dan Huberman%2C A. M. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta%3A UI -Press.&pg=PA173&printsec=frontcover
Nashar. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Delia press.
Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302
Sadirman, A. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali pers.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka cipta.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif. Alfabeta.
Syah, M. (1999). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. PT. Remaja. https://www.google.co.id/books/edition/PRINSIP_PRINSIP_MOTIVASI_DALAM_PEMBELAJA/GH53EAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1&dq=Syah%2C Muhibbin. (1999). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung%3A PT Remaja.&pg=PA44&printsec=frontcover
Winarsih, V. (2009). Psikologi pendidikan. Latansa pers
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i3.16045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id