PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Sri Ramadhani

Abstract


Ketimpangan pendidikan masih ada di pelosok Indonesia yang anak-anak Indonesia harus mendapatkannya. Ada berbagai factor yang menyebabkan hal tersebut. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis secara kritis dan menyeluruh slatar belakang social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi literatureyang terkait menggunakan penelitian kualitatif yang bersumbet dari jurnal atau sumber lainnya yang berkesinambungan dengan judul yang terkait. Kondisi social ekonomi orang tua yang baik bias meningkatkan prestasi siswa sehingga hasil belajar yang dicapai siswa sama baiiknya. Itu karena sarana dan prasarana yang memadai dalam keluarga untuk memungkikannya mendukung keterampilan dan minat siswa. Namun, penelitian ini tidak menutup kemungkinan kemampuan seorang siswa untuk tidak berusaha keras untuk mencapai kesuksesan dan hasil belajar yang baik dari keluarga latar belakang social ekonomi yang memadai. Banyak anak datang dari tempat yang jauh untuk mengikuti pengajaran dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh. Ini karena mereka menyadari pentingnya pendidikan.


Keywords


social-ekonomi, orangtua, hasil belajar siswa

References


Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 3 Nomor 2, 225–236.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Wiguna, P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5472–5479. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.3009

Hidayat, Rahmat & Abdilah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Kamaruzaman, K., Sudanto, S., Bidari, D. A., Febriana, M., & Nufikha, N. (2021). Pengaruh Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Muttaqin Toapaya Utara Di Era New Normal. TANJAK: Journal Of Education And Teaching, 2(1), 87–94. Https://Doi.Org/10.35961/Tanjak.V2i1.245

Lindawati, Mrs., Wahyudin, M., & Maryani, L. (2019). Pengaruh Intensitas Bimbingan Orang Tua, Sarana Prasarana Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Variable Kontrol Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. Https://Doi.Org/10.23969/10.23969/Oikos.V3i2.2159

Maksudah, N. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Volume 4 No 2.

Nugroho, T. A., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Gaya Belajar, Motivasi Siswa, Dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6.

Pratiwi, D. E., & Prasetya, N. E. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Tambaksari Surabaya. Jppguseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–40. Https://Doi.Org/10.33751/Jppguseda.V2i1.993

Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, Muh., & Yahya, Muh. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6227–6235. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1804

Santhi, F. F., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2021). Hubungan Keaktifan Peserta Didik Dan Kemampuan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3531–3540. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1340

Suryati, S., Noviana, E., & Alpusari, M. (2016). The Relationship Of Socio-Economic Background Of Parent With Learning Outcomes Grade V Of State Elementari School Se-Gugus 7 Tampan District Of Pekanbaru City.

Suryawati, D. G., I Wayan Lasmawan, & I Made Ardana. (2021). Kontribusi Sikap Sosial, Status Sosial Ekonomi Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Di Gugus Iii Kecamatan Kerambitan Tabanan. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 187–196. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pendas.V5i2.287

Susanti, R. (2021). Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Journal Of Education And Instruction (JOEAI), 4(2), 353–363. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V4i2.2982

Suyati, Mrs. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Sistem Koordinat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Nht Pada Siswa Kelas Vi Sdn Gisikdrono 02 Semarang. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 79–84. Https://Doi.Org/10.47387/Nasca.V1i1.20

Yana, Y., Guchi, Z., & Arief, E. (2020). Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi Di SMP Satu Atap Patumbak. 10(2).




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i3.17255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id