Efektivitas Layanan Informasi Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Hafni Rabbiani

Abstract


Permasalahan terkait kemandirian belajar siswa sering terjadi pada siswa salah satunya adalah siswa SMA. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengembankan kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving. Dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian ekperimen dan kontrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IIS Amir Hamzah dan kelas X IIS Adam Malik SMA Swasta Budi Agung Medan. Dengan menggunakan angket kemandirian belajar dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independen Sampels. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode problem solving. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok konrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. 3) Terdapat perbedaan kemandirian belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving. Maka penerapan layanan inforamsi dengan menggunakan metode problem solving berjalan dengan baik.


Keywords


Layanan Informasi, Kemandirian Belajar, Metode Problem Solving

References


Andita, C. D., & Taufina, T. (2020). Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.397

Asyanti, Wiwien Dinar Pratisti, Farida Hidayati, S. (2019). Cognitive BehaviorTherapy Teori dan Aplikasi (Ratlin Rininta (ed.); Pertama). Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ernawati, I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40 Dan Konseling, 1(1), 1–13.

Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250

Hayati, R. I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal ( Pkc-Ka ) Dalam Layanan Informasi. Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 9(1), 89–101.

Mahosadhi, Ni ketut Suarni, I Ketut Dharsana, P. N. S. (2021). Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6(1), 41–49. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Puspitasari, H. M., & Sutriyono. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dan Kedisiplinan belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1007–1020.

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Mathema: Jurnal https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772 Pendidikan Matematika, 3(1), 1.

Sandi,N.H.,Hartini, S., Prabowo,A.B.,& Siswanti,R. (2022). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Pagar Gunung. Action : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 230–236. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1388

Sari, R. I. (2019). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 296–304. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1436

Syarkiah, K. (2018). Pengaruh Minat dan Kemampuan Belajar Terhadap Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–13.

Syukur, Neviyarni, Triave Nuzila Zahri, Y. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (C. I. Gunawan (ed.); Pertama). CV IRDH.

Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling terhadap Tingkah Laku Sosial pada Siswa Kelas XII KR1 di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, V(3), 16.

Wal, Z., & Aulia, F. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, 14(1), 56. https://doi.org/10.29408/edc.v14i1.1407.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i1.23964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id