Layanan Informasi Menggunakan Model Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Mencegah Fear Of Missing Out (Fomo) Pada Siswa

Ririn Dessy Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gejala fear of missing out (FoMO) pada siswa SMA Swasta Budi Agung Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari layanan infomasi menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mecegah fear of missing out (FoMO) yang dilihat dari hasil skor sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pemberian perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group design pretest and posttest. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Sisingamangaraja SMA Swasta Budi Agung Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pada siswa yang sering bermain sosial media dan juga yang sesuai dengan indikator yang merujuk pada fear of missing out (FoMO) seperti, ketakutan, kehawatiran dan kecemasan akan ketinggalan momen/trend. Hasil uji analisis menggunakan uji T yang didukung dengan SPSS versi 26. Dengan hasil uji t yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa taraf signifikansi 0,05 dengan peluang 1- α dan derajat kebebasan dk = n-k = 26-1= 25 maka dari tabel t diperoleh t = 1,708. Dengan demikian thitung>ttabel (5,880 > 1,708) atau sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pencegahan fear of missing out (FoMO) sebelum dan sesudah dilakukan layanan informasi menggunakan pendekatan rational emotive behavior theraphy (REBT) pada siswa SMA Swasta Budi Agung Medan kelas X MIA Sisingamangaraja.


Keywords


Layanan Informasi, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Fear of Missing Out (FoMO).

References


Akbar, R. S., Aulya, A., Psari, A. A., & Sofia, L. (2019). Ketakutan Akan Kehilangan Momen (FoMo) Pada Remaja Kota Samarinda. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(2), 38. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2404

Anggraeni, R. D. (2018). Hubungan antara Subjective Well-Being dan Fear of Missing Out (FoMO) pada Emerging Adulthood. 10–27.

Astuti, Ratriana Y.E Kusumiati, C. N. (2021). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. 12(2), 245–258.

Fahmi, Hera Heru, F. A. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan Seksual Di Kelas VIII-C SMP 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Media Konseling, 5(2).

Hartati, Sri & Rahman, I. K. (2018). Konsep Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Berbasis Islam untuk Membangun Perilaku Etis Siswa. Genta Mulia, Vol 8(No 2), 13–26.

Khaira, Firman, Neviyarni, I. (n.d.). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy ( REBT ) Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak Asuh Di Panti Asuhan. 1, 1–7.

Komala, K., & Rafiyah, I. (2022). Gambaran Fear of Missing Out (FoMO) pada mahasiswa fakultas keperawatan. Journal of Nursing Care, 5(1), 1–11.

Komala, R. D. (2017). Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. 1.

Lesmana, G. (2021). Teori Dan Pendekatan Konseling (M. Arifin (ed.); Pertama). UMSU PRESS.

Mahosadhi, Ni ketut Suarni, I Ketut Dharsana, P. N. S. (2021). Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6(1), 41–49.

McGinnis, P. J. (2020). Fear Of Missing Out (I. Febrianto (ed.); Cetakan Ke I. PT Gramedia Pustaka Utama.

Meiyasinta, M. (2017). Landasan Teori Layanan Informasi. Uin Raden Intan Lampung, 19–66.

Muttaqin, R., Wagimin, & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174–179.

Narti, Yanto, S. (2022). Kajian Dampak Perilaku FOMO ( Fear Of Missing Out ) Bagi Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19. Bengkulu , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Kaj. 2, 126–134.

Nurmalasari. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Akademik Kebidanan Aisyiyah Pontianak. 2(2), 184–197.

Nusuki. (2014). Penggunaan Pendekatan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa. 9(1), 99–124.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Syafriani, Abdillah, H. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya (R. Hidayat (ed.); Pertama).

Wahyuni, A., Cantika, C., Triana, R., & Masyitah, S. (2022). Volume 4 No 1 Edisi Januari– Juni Tahun 2022 . Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1).

Warnilah, A. I. (2018). Implementasi Alpha Cronbach Pada Pengembangan Pembelajaran Pengenalan Sampah Metode MDLC. Jurnal Produktif, 2(1), 116–121.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i1.23966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id