Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa

Silvi Afifah

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMK Tamansiswa Medan, yang sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan laporan di SMK Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut serta laporan di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi objek dalam penelitian adalah siswa sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa: Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMK Tamansiswa Medan telah dilakukan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan aspek-aspek yang ada yaitu: Identifikasi kebutuhan informasi bagi siswa, menetapkan materi, menetapkan subjek sasaran layanan, menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan serta menyiapkan kelengkapan administrasi, sedangkan penerapan layanan

Keywords


career maturity, group guidance

References


Ahmad, R. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

A’la, R. (2016). Perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa. Madaniyah, 2, 242–259.

Alfionita, R. Z. R., & Naqiyah, N. (2014). Penggunaan geogram meningkatkan untuk kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Bimbingan Dan 04(03), 1–8.

Arlizon, R., Saam, Z., & Donal. (2018). Kontribusi konsep diri fisik dan motivasi berprestasi terhadap perencanaan karier siswa kelas XI SMKN se-Kota Pekan Baru. Tunjuk Ajar, 1(2), 75–87.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir penggunaan media dengan modul. Psikopedagogia, 3(2), 58–68.

Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal. (2017). Persepsi siswa tentang kesesuaian perencanaan arah karir berdasarkan pilihan keahlian siswa sekolah menengah Konselor, 6(2), 74–82.

Fitri, E., Neviyarni, & Ifdil. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(2), 84–92.

Leksana, D. M., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2013). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–9.

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab . Jakarta: Bumi Akasara.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84.

Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud RI.

Popa, Daniela. dkk. (2012). “Personality Aspects Involved in Professional Success”. Journal of Engineering Studies and Research, 18 (2): 102 110

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK FIP UNP.

Prayitno. (2013). Wawasan Profesional BK. Padang: UNP.

Prayitno dkk. (2016). Seri Latihan Keterampilan Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti PPMPT Depdiknas.

Prayitno dkk. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.

Purwoko, B. (2018). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: UNESA University Press.

Rintyastini, Y., & Charlotte, S. Y. (2016). Bimbingan dan konseling untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Esis.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komorehensif. Bandung: Alfaabe

Simamora, H. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: YKPN.

Sukardi, D. K. (2019). Manajemen bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Bina Aksara

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis. (2017). Perencanaan karier siswa di sma ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin dan jurusan. Bikotetik, 1(1), 8–14.

Syamsu, Y. (2019). Program bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Rizki Press.

Tolbert, E. L. (2014). Counseling for career development. Boston: Houghtoon Mifflin Co.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan konseling (Studi dan karier). Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2014). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Yusuf, A. M. (2012). Kiat sukses dalam karier. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yusuf, A. M.( 2011). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.

Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i1.23967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id